Sebelum Jauh-Jauh Mencari Solusi, Perbaiki Shalat Kita



Imam Ibnu Katsir mengatakan, "Sungguh shalat itu merupakan sara terbesar yang akan mengantarkan kita kepada kekokohan dan kemandirian dalam sebuah persoalan". Ungkapan ini jelas menunjukkan bahwa shalat adalah salah satu cara yang dipakai oleh seorang hamba untuk mengatasi masalah-masalah yang membelit hidupnya. Buku ini mencoba memotivasi kita untuk selalu memperbaiki shalat sehingga ia benar-benar dapat menjadi solusi setiap persoalan kita.

Berikut salah satu resensi mengenai buku ini, di ambil dari gatotwid.wordpress.com

Assalamualaikum wr wb.
Buku kecil ini merupakan salah satu oleh-oleh dari menghadiri Islamic Book Fair 2010 yang lalu. Mungkin karena kemasannya mungil, buku ini mendapatkan kesempatan pertama bagi saya untuk membacanya. Namun bukan itu juga alasan sebenarnya. yang benar adalah karena saya merasa shalat saya rasanya tak sempurna, kurang khusyu. Apalagi buku ini judulnya sangat provokatif: “Sebelum Jauh-Jauh ..”. Artinya apa? Sering kali saya merasakan pengen menggali ilmu agama sebanyak dan sedalam mungkin namun sepertinya saya tidak sadar bahwa shalat sayapun sebenarnya belum sempurna. Padahal shalat lah yang pertama kali dihisab oleh Allah swt di Hari Akhir nanti. Jadi, memperbaiki shalat menjadi mutlak adanya.
Melalui buku ini saya menekuni halaman demi halaman sambil melakukan pengecekan terhadap apa yang selama ini saya lakukan sehingga saya bisa tahu di area mana yang perlu lebih saya tingkatkan lagi. Karena masalah rutinitas kita sering lupa posisi strategis shalat dalam membentuk iman dan takwa kita karena melalui shalat inilah iman dan takwa kita semakin meningkat, bila kita mengingat maknanya. Inilah yang seringkali tergerus dari perhatian seksama kita. Kalau kita selalu ingat hal ini, maka hampir bisa dipastikan tak ada satu insanpun yang berani menyepelekan shalat. Kita lihat saja di lingkungan kita, berapa banyak yang menunggu saat adzan atau bahkan segera mengambil air wudhu begitu mendengar adzan berkumandang. Dengan dalih “Allah Maha Pengasih dan Penyayang” maka sejuta permakluman kita harapkan Allah mengerti kondisi kita yang:
  • sedang sibuk karena sebentar lagi mencapai deadline (batas akhir) pekerjaan harus diselesaikan,
  • berita di TV sedang seru karena keputusan akhir Century sedang dalam proses;
  • lagi asiknya sinetron;
  • lagi asik menikmati musik nih, pas masuk bagian yang bisa membuat jiwa orgasme menikmatinya
  • sedang asik dengan Play Station;
  • bahkan …sedang asik ngaji.
Begitulah manusia, begitu mudah menerima bujuk-rayu setan yang menggoda tiap saat.
Buku ini mengingatkan ke kita akan perlunya kita meninjau-ulang kualitas ibadah kita yang merupakan tiang agama kita: shalat. Penulis membagi ulasannya menjadi beberapa bagian yang menarik:
  • Manusia dan Kehidupan Yang Penuh Masalah
  • Tak Perlu Jauh-Jauh, Ambillah Semua Kebahagiaan Di sini
  • Jadikan Shalat Sebagai Penolong Kita
  • Menuju Shalat Yang Khusyu’
  • Lebih Sulit Memperbaiki Shalat Subuh
  • Mengapa Harus Shalat Yang Diperbaiki?
  • Bentuk Penjagaan Allah Kepada Orang Yang Menunaikan Shalat
Dengan memahami struktur isi seperti tersebut di atas kita sudah bisa menyimpulkan alur-pikir yang digunakan penulis dalam mengingatkan kita. Setiap orang tak bisa lepas dari masalah karena memang kehidupan selalu dibarengi masalah. Tak ada satu orangpun yang tak memiliki masalah dan penulis menguraikannya dengan baik di bagian ini.
Dengan menukil dalil-dalil dari Al Quran dan Sunnah, penulis mulai membawa kita untuk menuju ranah solusi dengan menyempurnakan shalat kita sehingga shalat benar-benar menjadi penolong kita. Kemudian kita diajari bagaimana menuju shalat yang khusyu’ yang bisa kita praktekkan segera.

Yang tentu saya suka adalah adanya bahasan khusus tentang shalat Subuh. Ini harus kita baca secara seksama karena di sinilah rahasia dari semua solusi masalah kehidupana apapun yang kita hadapi bisa terselesaikan dengan baik bila kita menyempurnakan shalat Subuh. betapa mulia dan strategisnya kedudukan shalat Subuh ini bagi seorang Muslim. Ini bukan berarti shalat yang lain tak penting. Bila shalat Subuh kita tak sempurna, jangan harap kita bisa mendapatkan solusi terbaik atau menjalankan shalat lainnya dengan sempurna. Shalat Subuh adalah sumber ENERGI dari semua kehidupan. Subhanallah …!!!

Spesifikasi buku : 17,5 cm x 11,5 cm
Halaman : 180 Hal
Harga : Rp 36.000,-

Untuk Pemesanan Hub. 081391004706

2 komentar:

Anonim | 5 Februari 2011 pukul 11.12 mengatakan...

Aslkm, ada discnya nda ya:)

Anonim | 5 Februari 2011 pukul 18.06 mengatakan...

shalat yang bener y ,ya tuh nyonge jg setuju

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra