Tarbawi Edisi 197


Dirosat l Kajian Utama

Sentuhan Tersembunyi yang Mengantarkan Kita Sampai Di Sini

"Orang-orang yang tidak mengerti kadang memberi jalan kepada orang lain untuk lebih mengenal Allah dan nikmat-nikmatn-Nya, yang seringkali tak terungkapkan."
(Syaikh Abul Faraj Abdurrahman bin Al Jauzi)

Kesadaran akan adanya sentuhan tersembunyi, bahkan meskipun kita tidak tahu pasti apa bentuknya, merupakan mekanisme pengendalian diri yang sangat baik. Tidak saja sebagai rambu, tapi juga penghalus hati dan penasihat jiwa, agar kita tidak terjebak ke dalam arogansi dan keangkuhan. Bahkan bila pun kita merasa mampu enguak yang tersembunyi, masih banyak sentuhan yang tersembunyi dan mungkin tidak pernah bisa kita ketahui.

Sebab hidup ini sambung menyambung, kait mengait, balas berbalas. Tidak ada yang bebas sentuhan. Bahkan kadang itu semua datang dari orang-orang yang tidak saling kenal, tidak saling tahu. Tapi Allah menjahitnya sedemikian harmonis, dalam ritme hidup yang saling bertukar sentuhan kebajikan.

Liqoat l Lebih Dekat

DR. Sami Abu Zuhri, Jubir Resmi Hamas dan Penasehat PM Palestina Ismail Haniya
"Saya Tak ingin Hanya Bertemu Anda di Sini, Tapi Juga di Masjidil Aqsha "

Sepanjang empat hari keberadaannya di Indonesia, Sami Abu Zuhri nyaris tak berhenti bergerak menyampaikan situasi dan kondisi Palestina ke berbagai tempat. Sejak hadir di Jakarta, Sami berbicara di podium masjid Baiturrahman di komplek DPR RI, Senayan Jakarta. Sejak itu ia bertandang ke berbagai media massa, dan ormas hingga meginjakkan kakinya di Cirebon Jawa Barat.

Galeri Ekonomi

Bayu Suryono, Direktur Utama CV. Kleco Group Yogyakarta
"Selama Masih ada Tanah dan Tanaman, Pupuk Laku di Jual di Mana Pun"

Cacing mungkin menjijikkan bagi banyak orang, tapi tidak bagi Bayu Suryono, pegawai di salah satu instansi pemerintah di Yogyakarta ini. Di tangannya, cacing diolah menjadi produk yang bermanfaat bagi alam, dan juga berpotensi dari segi bisnis.

Dzikroyat l Kenangan

Drs. Diki Chandra Purnama, 45, Pembimbing di Wisma Muallaf
"Yang Saya Harapkan Cuma Satu, Keridhaan Allah Saja"

Jaulat l Perjalanan

Docto Rabbit : Membuat Bermain Menjadi" Tidak Main-main"

Wahat l Oase

Manfaatkan Orang yang Mempunyai Pengaruh, Oleh Dr Ali Al Hammadi

Ruhaniyat l Nasehat Ruhani

Periksalah Keadaan Diri

Mengenal diri sendiri (idraaku adz dzaat), menurut para pakar psikologi, merupakan tingkat pengenalan yang sangat penting. Orang yang sakit takkan bisa mendapatkan obat yang bisa menormalkan tubuhnya, kecuali bila yang bersangkutan mengetahui bahwa dirinya sakit, dan memerlukan pengobatan. Jadi tahap paling pertama untuk sembuh adalah kesadaran bahwa diri sedang sakit. Merasa ada sesuatu yang kurang, merasa ada yang tidak sempurna.



0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra