Tarbawi Edisi 213


Dirosat l Kajian Utama

Pada Akhirnya, Kita Hanyalah Manusia


"Manusia hanyalah makhluk yang lemah dan banyak kesalahan" (Abu Abdillah Muhammad bin Ali At Turmudzi)

Hidup pada akhirnya adalah pandang memandang di antara kita, pantul memantul, untuk kita saling bercermin. Pada semua potret yang terpampang dalam layar hidup tempat kita saling mengaca itu, ada pasang surut kesadaran utama kita, kesadaran bertauhid. Bahwa Allah saja yang Maha Kuasa. Dalam maknanya yang benar, positif, dan optimistik tentang semua itu, kita kemudian bisa merasakan di dasar hati yang paling dalam, bahwa pada akhirnya, kita hanyalah manusia.

Liqoat l Tatap Muka
Drs. Muhammad Mansur M.Sc. Pakar Tanaman Kantong Semar

Bersahabat dengan Tanaman Pemakan Daging
Kantong Semar dalam istilah latin disebut Nepenthes.Pada salah satu ruangan kerja milik mUhammad Mansur di komplek perkantoran LIPI terdapat beberapa gambar dari berbagai jenis tanaman "kantong semar" yang ada di seluruh dunia. Berbagai buku tentang tanaman "kantong semar" juga terdapat di sana. Dari ruangan itulah ia mulai mempelajari, meneliti serta bersahabat dengan tanaman pemakan daging itu.


Wijhat l Perspektif
High Context, Low Content

Cara komunikasi tiap orang atau kelompok orang (masyarakat) selalu unik. Budayalah yang membentuknya. Budaya mempengaruhi bagaimana orang mendudukan isi (content) dan konteks (context) dalam komunikasi. Kegagalan membaca isi atau memahami konteks adalah pertanda miss komunikasi. Ini sering terjadi pada komunikasi lintas budaya.

Kearifan Komunitas
Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Tanjungan

Menghidupkan Kembali Mimpi Indah Sungai Ciliwung
Ciliwung mungkin selalu mengingatkan kita pada sebuah sungai yang kotor dengan sampah-sampah yang menumpuk. Kenangan Indah akan ciliwung yang berair jernih dan kaya akan ikan-ikan hanya tinggal kenangan. KPC hadir untuk mengembalikan masa-masa jaya ciliwung.

Ufuqiyat l Cakrawala

Pemetaan Baru Ekonomi Politik Masa Depan
"Once rich people can genetically engineer their kids to be smart, that's formula for conflict. Idon't know that it will lead ti tiering of the human race, because before that can happen every body else is going to get so mad that be result will be alot of social conflict (francois Fukuyama, hal 92)

Layaliat l Semalam

Malam-malam I'tikaf dan Shalat Khuzaifah

Di salah satu malam i'tikaf bulan Ramadhan di Sudan, kami shalat dua rakaat selama empat jam. Sejak pukul 24.00 dini hari hingga menjelang sahur. Imam Al Hafizh membacakan surat Al Baqarah, Ali Imran dan Annisa.

Jaulat l Catatan Perjalanan

Geliat Dakwah Buruh Migran Indonesia di Hongkong " Cahaya Hidayah di Tengah Kisah Sendu


Alamiyat

Teori Evolusi Terbantah, Nenek Moyang Manusia Bukan Simpanse

Jika anda tanya seseorang sekarang, apa asal usul manusia, mereka akan menjawab kera atau simpanse. Bahkan ada yang menjawab, manusia kelak menjadi kera. Tapi fakta-fakta yang kami kumpulkan sekrangan membuktikan bahwa asumsi itu tidak benar. Ini adalah bukti yang paling kuat, yang menegaskan tidak ada kaitan amtara manusia dan kera. " Ujar Dr. C.Owen Lovejov, pakar antropologi dari Kent University

Dzikroyat l Kenangan

Suci Refika Wulansari (25) Korban selamat Gempa Sumbar Setelah Tertimbun 42 Jam

"Buah Hati, Memberiku Kekuatan Untuk Bertahan"

Mukjizat Al Qur'an

Mukjizat Al Quran di Balik Penyebutan Usia 40 Tahun

Ruhaniyat
Apakah Kita Akan Meninggalkan Kenikmata Itu?

Siang, pernah berbangga di hadapan malam. Katanya, "Saya adalah waktu penuh aktifitas, saat manusia bekerja, emmbangun dan tumbuh. Bahkan sayalah kehidupan sebenarnya. Di waktu sayalah, Allah swt memenangkan pasukannya di banyak zaman. Dalam rentang waktu saya, ada banyak umat Islam yang meraih kemenangan, ada banayak berita tentang pertolongan Allah. Siang benar-benar membanggakan diri di hadapan dan ketenangan dAn sikap diam malam.

Untuk pemesanan silahkan Hub 081391004706 (Bu Tri)

0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra