Tarbawi Edisi 211


Dirosat l Kajian Utama


Jika Kita Tidak Diampuni di Ramadhan ini, Kapan Lagi ?


"Barang siapa yang tidak diampuni dosanya di bulan Ramadhan, Ia tidak akan diampuni di berikutnya kecuali ia melakukan kesaksian di Arafah" (Ja'far Ash Shadiq ra)

Kita hanya seorang lelaki atau perempuan yang menumpuk hari dengan harapan di padang kehidupan kita. Tapi pada saat yang sama, kita pula yang mereduksi harapan itu dengan berbagai kesalahan. Ramadhan adalah saat yang sangat berharga, untuk mengubah perasaan terampuni. Lalu menjadikan perasaan terampuni sebagai bekal utama untuk memiliki kekuatan berdaya.

Ini adalah hari-hari yang penuh berkah. Kesempatan yang sangat berharga. Siapapun yang di takdirkan menjumpai Ramadhan, adalah seberuntung manusia. Asal, ia memanfaatkannya. Diantara daftar panjang harapanm yang ingin kita kejar di bulan suci ini, di Ramadhan yang mulia itu, jangan lupa, letakkan salah satu daftar penting yang harus kita dapatkan ; perasaan terampuni.


Liqoat l Tatap Muka

DR. Ahmad Lutfi Fathullah, MA, Ketua Pusat Kajian Hadits Al Mughni Center Jakarta.

"Indeksasi Kitab Hadits ini, Akan Menjadi Karya Pertama di Indonesia"
Putra asli betawi ini alangsung Ramadhan Al-Buthi dan Wahbah Az-Zuhayli. Keturunan guru besar di bilangan Kuningan Jakarta, almarhum Guru Mughni ini, telah meraih gelar doktor pada bidang ilmu hadits dengan memuaskan. Dengan keilmuan yang telah digelutinya itu, ia bercita-cita membuat indeks hadits yang belum pernah di buat di negri ini.

Wijhat l Perspektif

Aku Oke, Kamu Oke
Kita selalu berkomunikasi, tapu mungkin tak selalu berhasil. Banyak masalah terjadi dengan kambing hitam 'komunikasi'. 'miss komunikasi'pun menjadi salah satu ungkapan paling populer dalam hidup manusia. Masalahnya tak selalu bersifat tekhnis, yakni segala kegagalan memahami pesan, tetapi kadang berdimensi kejiwaan.

Galeri Ekonomi

Bekerja dengan Bahan Limbah : Antara Selera Seni dan Rasa Cinta pada Bumi.

Layaliyat l Semalam

Indahnya Cahaya Jamur Malam di Hutan Halimun

Dzikroyat l Kenangan

Sadrah Kusmawan (46th), Polisi Hutan Gunung Halimun Salak
"Saat berada di Hutan, saya merasa tidak pantas menyombongkan diri"

Jaulat l Perjalanan

Berbagi Rasa dengan Para Pengumpul Sisa Bahan Makanan di Pasar Tradisional

Seorang ibu memarkir mobil mewahnya di depan kios bahan pokok dan hasil bumi Pasar Induk Kramat Jati. Pagi, ia berbelanja dalam jumlah yang sangat banyak. Beberapa kantong, ketika Tarbawi bertanya untuk apa belanja sebanyak itu, ia menjawab untuk keperluan selama bulan suci Ramadhan. Ada juga seorang ibu yang sedang mencari mobil sewaan, untuk membawakan barang belanjaannya. Sama seperti ibu lainnya, ia sengaja berbelanja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya selama bulan puasa."Biar ibadah kami lebih khusyu',tegasnya.

Wahat l Oase

Arti Kehidupan (DR. Ali Hammadi)

Alamiyat l Dunia Islam

Episode Jalur Gaza Di ambang Ramadhan
Aura Ramadhan selalu membawa bahagia. Kebahagiaan jiwa karena pertemuan dengan bulan Ramadhan yang berlimpah rahmat, juga kebahagiaan karena ada banyak warna peristiwa yang menyenangkan di bulan itu. Kenikmatan berbuka puasa, kenikmatan berbuka puasa, keistimewaan waktu sahur, suasana penuh tunduk di malam-malam Ramadhan, shalat tarawih, keceriaan anak-anak di bulan itu. Sebuah Bulan yang umumnya memberi warna istimewa bagi kehidupan umat islam di belahan bumi manapun.

Tapi ternyata ada bagian bumi yang jauh dari suasana kebahagiaan itu. Di Jalur Gaza. Apa yang terjadi di Gaza hari-hari ini ?

Ruhaniyat l Nasihat Ruhani

Pernahkah Kita Merasakan Suasana Ini

Jika Kita seorang beriman. Harusnya kita bisa merasakan kebahagiaan saat shalat. Jika orang beriman. Seharusnya kita merasakan suasana senang dan teduh saat membaca lembar demi lembar Al Quranul Karim, atau saat bermunajat dan berdoa kepada Allah swt. Jika kita orang beriman. Seharusnya kita sangat senang memberi kebaikan kepada orang lain.








0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra