Tarbawi Edisi 215


Dirosat l Kajian Utama

Perbanyak Saat-saat Indah Dalam Umur Kita

"Ya Allah, jadikanlah sebaikbaik umurku pada penghujungnya dan sebaik-baik amalku pada akhir hayatku, dan (jadikanlah) sebaik-baik hariku yaitu ketika aku bertemu dengan-Mu (di Hari Kiamat)" (H.R. Ibnu Sunny)

Hidup bisa kita bagi dalam satuan-satuan besar. Dari pendekatan usia, atau pendekatan masa dimana kita menggeluti kesibukan atau profesi tertentu. Pandanglah semua satuan-satuan besar itu. Lalu putuskan, apa saat-saat indah yang akan kita ukir didalamnya.

Umur kita, meskipun memang tidak bisa selalu menanjak, tetapi harus ada gelombang-gelombang atau lompatan-lompatan yang menunjukkan bahwa kita menghargainya, memuliakan setiap detik dan menitnya, menciptakan nilai-nilai positif yang membuatnya indah, berkesan dan berharga. Sebab pada akhirnya nanti, saat-saat indah itulah yang akan membuat kita bangga, dihadapan manusia dan terutama di hadapan Allah swt.

Liqoat l Tatap Muka
Warju, S.Pd.,S.T.,M.T., Peneliti Knalpot Ramah Linkungan

Kesantunan Berkendara Mempengaruhi Emisi Gas Buang
Ide penelitiannya adalah fakta bahwa polusi udara sebagian besar disebabkan asap buang kendaraan bermotor, yaitu sekitar 70 persen. Asap pabrik, pembakaran sampah, atau kebakaran hutan kurang dari itu. Kendaraan sumber pencemar udara yang bergerak, jadi asapnya di bawa kemana-mana,

Keinginan untuk mengurangi gas buang karena efek negatifnya yang begitu besar ia wujudkan dengan meneliti performa mesin kendaraan. Selain knalpot, kendaraan bermotor juga mengeluarkan polusi dari bak oli, tangki bahan bakar dan karburator. Namun knalpot yang menyumbang polutan terbesar sehingga Warju berkesimpulan, bila ingin mengurangi polusi, knalpot harus menjai prioritas utama.


Wijhat l Perspektif
Orang Selalu Berharap

Harapan menjadi rahasia dibalik segala aktivitas manusia. Selalu ada harapan pada setiap tindakan. Harapan menjadi alasan kenapa ada tindakan. Pun dalam komunikasi, harapan hadir diantara transaksi pesan yang berlangsung. Kita berharap tentang bahasa apa yang akan dan tidak akan digunakan. Harapan yang pupus tak hanya menumpulkan agenda persuasi, tetapi juga berpotensi menimbulkan konflik.



Menelusuri Kersamanah, Kecamatan dengan 5 Desa "Gila"

Kecamatan Kersamanah, kabupaten Garut, semestinya indah. Masyarakatnya ramah, cuacanya sejuk, hamparan sawah yang yang membentang sungguh menawan. Tapi tidak bagi Ipong Nurhasanah. Delapan tahun sudah wanita 25 tahun ini hilang ingatan. Setelah dipasung, kini janda beranak dua ini kakinya diikat, dikurung dalam ruang layaknya sebuah penjara.

Ipong adalah satu dari 116 warga lima desa Kecamatan Kersamanah yang menderita gangguan jiwa. Ini jumlah yang tidak kecil. Karenanya banyak orang yang menyebut kelima desa itu sebagai desa gila. Anehnya ini terjadi di sebuah masyrakat pedesaan, bukan di kota besar. Jika ini berakar pada tekanan hidup, kawasan perkotaan tentu lebih layak menjadi tempatnya.

Alamiyat

Kisah Para Muraabithuun Penjaga Masjid Al Aqsha

Ratusan orang pemuda berhasil menahan para polisi yang merangsek dan mengotori Masjid Al Aqsha di pagi hari itu. Sebagian mereka mendapat pukulan dan menjadi korban gas air mata. Sebagian yang lain ada yang ditangkap. Tapi, bagaimanapun mereka berhasil mengusir polisi Israel yang ingin menguasai masjid. Siapa sebenarnya pemuda itu?

Dzikroyat l Kenangan

"Jika Bukan Karena Setetes Air, Saya masih Jadi Penjarah Hutan"

Wahat l Oase

Program Mencetak Sepuluh Ribu Penghafal Al Qur'an

Ruhaniyat
Agar Kita Belajar Menghiba Pada-Nya



Untuk pemesanan silahkan Hub 081391004706 (Bu Tri) atau Klik Disini

Klik Disini untuk Info Berlangganan

Jangan ketinggalan Promo Hemat Majalah Tarbawi


0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra