Tarbawi Edisi 225



Dirosat
l Kajian Utama

Mungkin, Kini Kita Tengah Mencintai Apa yang Dulu Kita Benci

"Bencilah musuhmu, sekadarnya. Karena boleh jadi suatu hari nanti ia akan jadi orang yang kau cintai" (Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu)

Cinta atas sesuatu atas seseorang yang hadir dari kesadaran bahwa membencinya ternyata keliru, bisa membuat kita lebih berdaya. Asal kita menyertainya dengan pengetahuan, rasa harap, dan sikap pertengahan. Bila hari ini kita tengah mencintai apa yang dulu kita benci, yang kita perlukan hanya bagaimana menjadi lebih mengerti.

Liqoat l Tatap Muka

Dr. Ahmad Hasan Farahat

"Harus ada transformasi dari manusia bahan mentah menjadi manusia hasil olahan", Sebuah program di televisi satelit Aljazeera yang populer adalah program "Asyari'at wal hayaat" atau syariat dan kehidupan. Dalam program ini secara bergilir hadir pakar dan ulama Islam dari berbagai bidang untuk diwawancarai secara mendalam tentang kepakarannya, tentu juga korelasinya dengan zaman dan kehidupan.

Dr. Ahmad Farahat, adalah salah satu tamu dalam program televisi Al Jazeera tersebut. Kepakarannya dalam ilmu tafsir Al Qur'an dan lebih khusus lagi, bahasa Al Qur'an, terbukti dalam berbagai kitab karyanya, juga keberadaannya sebagai dosen di perguruan tinggi Islam dunia, termasuk di Malaysia.


Wijhat l Perspektif
Subjektifitas yang objektif

Objektifitas membawa makna yang dalam, namun juga membingungkan. Seolah menjadi mitos, tetapi juga membawa bias. Disebut benar jika objektif. Dalam hal apapun, termasuk dalam dunia jurnalisme (Media Massa). Media massa, kata kode etik harus objektif. Tetapi apakah itu objektif? bisakah jurnalis/penulis bersikap objektif ?

Kearifan Desa
Kesadaran Untuk Maju di 'Rumah Kreatif' Warga Desa Cipelang

Rumah Kreatif mungkin sekadar sebuah bangunan dan beberapa kegiatan didalamnya. Tapi dari sana, sebuah kesadaran untuk terus maju dibangun dengan kebersamaan yang tulus. Keterbatasan tidak pernah bisa melawan kemauan yang jujur dan kesungguhan yang berkelanjutan. Warga desa Cipelang telah membuktikannya.


Dzikroyat l Kenangan

Fadhil Zainal Abidin (59) Lebih dari dua Puluh Tahun Hidup Dengan Satu Ginjal
"Saya Beruntung Masih Memiliki yang Seratus Persen"

Kearifan Komunitas

Komunitas Peta Hijau "Memandu Jelajah Lingkungan"
Banyak yang peduli dan cinta lingkungan,tapi mungkin tak banyak mengenal jalur yang harus dilalui. Anda ingin bergabung? Komunitas Peta Hijau siap Membantu.

Alamiyat l Dunia Islam

Sinagog Kharab Awal Tanda Kehancuran Masjid Al Aqsha?

Jaulat l Catatan Perjalanan

Nestapa Para Pencari Suaka
Di negeri tempat orang-orang itu berasal, tak pernah bisa dipahami apa sesungguhnya alasan sebuah perang atau konflik berdarah. Kini mereka terdampar di negeri baru tempat transit sementara dengan kendala utama : bahasa

Galeri Tarbawi
Resep Bahagia Dr Tawfik Al Kusayer

Nampaknya tak ada manusia yang tak ingin bahagia. begitulah, kebahagiaan, selalu menjadi harapan setiap orang. Sayangnya, tak semua orang mudah menemukan kebahagiaan. Tak sedikit pula literatur yang membincangkan berbagai tips menjadi bahagia. Tetapi tak banyak yang mengulasnya dengan pendekatan ilmiah. Dr Tawfik Al Ksayer mencoba memberikan resep menjadi bahagia dengan pendekatan ilmiah dalam bukunya 'Seni Menikmati Hidup"

Ruhaniyat
Mungkinkah Masjid Al Aqsha Runtuh ?

Kita ingin lebih serius, berbicara tentang Masjid Al Aqsha. Kiblat pertama kita,yang penuh peninggalan sejarah.

0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra