Tarbawi Edisi 247

Tarbawi Edisi 247- Th.12, Terbit 03 Maret 2011

Dirosat (Kajian Utama)

Rasa bersalah entah kepada diri sendir bisa memberi efek kerusakan. Namun di sisi lain rasa bersalah juga bisa menjadi potensi untuk mengubah diri menjadi lebih baik. Sebab rasa bersalah itu bisa pula membantu kita menyadarai dan memperbaiki kekeliruan dan kekhilafan yang terlanjur terjadi. Itu artinya bahwa rasa bersalah itu bisa memberi dampak negatif, bisa pula memberi dampak positif. Oleh sebab itu kita perlu mengenalinya dengan baik, agar potensi keberdayaannya mampu kit aoptimalkan daripada potensi merusaknya.

Liqoat

H. Misbach Yusa Biran
Tokoh Film Indonesia
Mengawal Film Bermoral
Sejarah Indonesia pasti akan mencatat sosok Misbach yusa biran sebagai salah satu legenda dalam dunia perfilman. Pria kelahiran rangkasbitung ini sudah berkiprah dalam dunia film hampir 60 tahun. Misbach mulai menyutradarai sandiwara ketika masih duduk di bangku SLA, di awal tahun 1950-an. Disamping jug amenulis resensi fil, dan karya sastra. Ikuti wawancara Tarbawi dengan Misbach dan bagaimana pendapatnya tentang dunia perfilman saat ini.

DZIKROYAT

Djoko Utomo, Penjaga Arsip Negara Selama 37 Tahun
Di mana-mana orang tidak mengapresiasi arsip
Arsip atau kerasipan senantiasa sering tidak dipedulikan orang. Padahal dari arsiplah kita bisa membaca sejarah dunia yang terkumpul dari gulungan arsip. Sangat sedikit sekali orang yang mau bekerja di kearsipan. Malah terkadang , orang yang bekerja di situ dimarjinalkan. Banyak yang beranggapan bahwa arsip hanyalah tumpukan kertas yang tidak berguna. Kalau warnanya sudah berubah menjadi coklat, butut dan usang maka kertas – kertas itu dimasukkan ke dalam karung. ” Dulu keinginan saya masuk kearsipan ingin mengubah pola pikir banyak orang terhadap arsip, dan saya semakin senang berada di sini”. Tak banyak orang seperti Djoko utomo, perhatiannya kepada arsip – arsip negara turut mengawal keberlangsungan sejarah Indonesia.

GALERI EKONOMI

Curahan untung dari Curug Gentong
Gentong tak semata wadah penyimpanan atau ornamen pajangan. Jika dimodifikasi, benda berbahan tanah liat ini bisa menghilangkan kepenatan. Ada air terjun di dalamnya.

Peradaban Qur’an

Peradaban Al Quran, Peradaban Seimbang

WIJHAT

Investasi Emosi

MUKJIZAT AL QURAN

Manajemen Waktu Metode Qurani

ALAMIYAT

Revolusi 25 Januari Mesir. Kemenangan jangan sampai terampas.

RUHANIYAT

Kebutuhan Untuk Diawasi
Apa yang ada dalam benak kepala kita tentang angka usia empat puluh tahun ?

THUMUHAT

Akumulasi Waktu Kebajikan

Info Berlangganan / Keagenan, hubungi Bu Tri – 081391004706

0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra