Tarbawi Edisi 258



Dirosat (Kajian Utama)

Merasakan Jejak Diri di Rumah Kita yang Dulu

"Belajarlah bagaimana hidup yang bermartabat bersama orang banyak, karena rumah itu adalah sekolah" (Syaikh Muhammad Mukhtar Asy Syinqity)

Seperti apapun rumah kita, ia cermin bagi kita sekaligus cermin tentang kita.Maka kita dan rumah kita saling memantulkan karakter diri. Seperti apa nilai-nilai yang kita anut di rumah kita, akan sangat mempengaruhi seperti apa karakter pribadi kita. Itu sebabnya Rasulullah menasehati agar kita menjadikan rumah kita hidup, dn tidak membiarkannya sunyi seperti kuburan. Caranya dengan menghidupkan ibadah-ibadah sunnah di rumah.

Kemudian, sebagai seorang manusia, kita pun memiliki rasa rindu terhadap rumah kita,bersama kenangan yang ada disana disetiap sudutnya. Terkadang kita masih melihat goresan tangan kecil kita disana, sudut yang membawa memori kita kembali. Mengenang keindahan sekaligus kesedihan yang mewarnainya, bersama orang-orang yang bisa jadi kini sudah tiada, ya rindu yang tersisa itu terasa indah, menyadarkan bahwa kita adalah sepenuhnya makhluk sosial. Maka kerinduan pada rumah, pasti melebihi dimensi fisiknya sebagai bangunan tempat orang berteduh. Sejatinya kerinduan itu merupakan kerinduan kita pada kehidupan itu sendiri.

Liqoat

Roby Muhamad,PhD (36) Fisikawan yang Sosiolog

Riset Roby Muhamad di Columbia University seputar jaringan sosial menarik perhatian global. Tak kurang dari 88 media internasional meliputnya termasuk CNN yang mewawancarainya secara khusus.

Wijhat

Diri yang Otentik

Salah satu keistimewaan ibadah puasa adalah sifatnya yang privat. Ini urusan kita dengan Allah semata, karena orang tak akan tahu apakah kita puasa atau tidak. Kita bisa sembuyi saat makan atau minum dari pandangan orang, tapi tidak di hadapan Allah. Maka seperti dikatakan banyak penceramah, puasa sejatinya adalah upaya kita untuk menjadi diri yang otentik, diri yang sejati.

JAULAT

MasjidMardliyah, Masjid Donor Darah

Masjid memang harus memberi manfaat bagi masyarakat. Seperti masjid Mardliyah yang selalu membuka harapan bagi para pencari darah.

Dzikroyat

Muhammad Yusuf (38) Guru FisikaPenciptaPlanetarium Sekolah
"Saya ingin membuat alatyang tidak terpikirkan oleh orang lain"

Khazanah

5 Peristiwa di Bulan Puasa


Mukjizat

Al Qur'an dan Kekuatan Perubahan

Ruhaniyat

Mereka Resah Karena Datangnya Fajar

Kondisi kurang tidur, atau mungkin juga disebabkan sulit tidur, di waktu malam. Banyak orang yang membicarakannya karena dianggap bisa memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan. Beragam tips dan metode untuk mengatasi susana kurang tidur di waktu malam i tupun banyak diberikan para dokter dan pemerhati kesehatan

Saudaraku,Pernahkah kita menyadari bahwa sebenarnya kondisi sedikit tidur di waktu malam itu jutru sebuah kondisi yang disebutkan atau dianjurkan dalam Al Qur'an?

Pemesanan, Berlangganan , hubungi Bu Tri – 081391004706

0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra