Tarbawi Edisi 259



Dirosat (Kajian Utama)

Rezeki dalam Keyakinan Para Tukang Keliling

"Carilah rezeki di tempat-tempat yang tersembunyi diatas bumi "(HR. Ibnu Asakir dan Thabrani)

Di masa Umar bin Abdul Aziz yang melimpah kesejahteraan, kematian orang tercinta kadang tetap terasa jadi pemutus rezeki. Maka kepada para kerabat dari seorang sahabatnya yang meninggal, Umar bin Abdul Aziz merasa perlu tegas bicara. Rezeki datang dibawa lahir.Pergi dibawa mati. Tapi siapapun yang masih hidup, masih punya rezeki. Meski orang yang jadi perantara rezeki itu telah mati. Akan ada jalannya yang baru.

Pada semua orang, pada seluruh masa, diberbagai peradaban dan bangsa, pada segala jenis profesi dan pekerjaan, bahkan pada diri para ukang kelilingpun, juga pada diri kita sendiri, ada pelajaran mahal tentang kepastian rezeki di ruang keyakinan, dan ketidakpastiannya dibanyak ruaang kemungkinan yang harus ditaklukkan. Rezeki mengintervensi proses kematangan kita dengan caranya yang ajaib

Liqoat

Prof. Dr. Zullies Ikawati (Guru Besar Farmasi UGM)

Impian Zullies Ikawati untuk menjadi Guu Besar di usia 40 tahun tercapai sudah. Sejak Oktober 2008, ibu tiga orang anak ini berhak atas gelar profesor di almamaternya, Fakultas Farmasi, Universita Gadjah Mada (UGM). Bagi Prof. Zullies, menjadi perempuan bukan hambatan untuk maju dan berkiprah. "Perempuan memiliki posisi yang unik, sebagai ibu rumah tangga, juga berhak untuk menuntut ilmu seinggi-tingginya dan mendarma baktikannya bagi kepentingan bangsa", kata dia.Prinsip keseimbangan itu mendasar

Wijhat

Umpan Balik

Pada akhirnya, kepekaan dan kecerdasan membaca umpan balik adalah sebentuk kearifan hidup. Orang yang arif adalah mereka yang peka dengan segala penanda itu dan kemudian menyikapinya dengan proporsional. Pemimpin yang arif adalah mereka yang selalu cermat menyimak suasana,cerdas membaca dan merespon umpan balik orang-orang yang dipimpinnya.

JAULAT

Bulan Sabit di Tengah Palu Arit, Minoritas di Hanoi-Vietnam

Melihat kesahajaan masjid di Hanoi dengan kesahajaan warga Muslimnya yang multietnis dan minoritas, yang tetap bersemangat menyelenggarakan ibadah Ramadhan ditengah segala keterbatasan, hati siapapun akan tersentuh, sekaligus tertantang. Mereka telah membuktikan bahwa minimnya jumlah masjid dan saudara-saudara muslim tidak berarti dakwah dan ibadah mereka harus berhenti. Juga, kendatihidup dibawah naungan Palu Arit tak mesti Bulan Sabit harus tenggelam dibawah permukaan lalu iman menjadi defisit.

Dzikroyat

Yudi Ramdhani (Pengasuh anak-anak TKI)
"Jangankan Cacat, anak sakaratul Mautpun saya terima"

Alamiyat

Krisis Kemanusiaan Terparah di Dunia
Somalia : Terbakar Cuaca dan KonflikPolitik

Kearifan Komunitas

Komunitas Peduli Kucing, Bangkitan Rasa Sayang untuk si Meong
Kucing di jalanan yang hidupnya tak terurus, siapa peduli ? Kucing liar yang hidupnya tersia-siakan siapa berempati? Komunitas peduli Kucing pastilah yang berada didepan dan segera menjawab"Kami".



Mukjizat

Fakta Autetifik Al Qur'an yang tak Terbantahkan (1)

Kitab Suci paling lama yang ada ditangan kita saat ini,yang tidakmengalami peubahan, tak mengalami distorsi, adalah Al Qur'an Al Karim. Tak satupun Kitab suci dimuka bumi ini yang seluruh teksnya sesuai secara sempurna dari zaman ke zaman, kecuali Al Qur'an Al Karim. Apa bukti ilmiyah fakta ini ?

Ruhaniyat

Belenggu dirimu

Kebaikan itu adalah kebiasaan, dan keburukan adaah paksaan."Ini salah satu sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ibnu Hibban. Hadits ini, begitu kuat menggambarkan sebuah kesimpulan tentang pengaruh kebiasaan dan sejauh mana pentingnya kebiasaan dalam membentuk kepibadian seseorang.

Pemesanan, Berlangganan , hubungi Bu Tri – 081391004706

0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra