Tarbawi Edisi 260



Dirosat (Kajian Utama)

Adakah NamaMereka yang Belum Kita Sebut dalam Doa

"Terkadang aku mendengar ayahku bedoa di waktu sahur untuk suatu kaum dengan menyebutkan nama-nama mereka. Ia memperbanyak doa tapi menyembunyikannya" (Abdullah bin Ahmad bin Hambal rahimahullah)

Kita semua tentu memiliki orang-orang yang berarti dalam kehidupan kita. Kita mungkin pernah memiliki seorang guru yang nasehat dan arahannya begitu berarti dalam kehidupan kita, kita juga tentu memiliki sahabat atau rekan sejawat yang begitu berarti dalam kehidupan kita, dan kita pasti pula memiliki hubungan dengan orang-orag tertentu yang perannya sangat vital dalam kehidupan keseharian kita, tapi mungkin nama-nama mereka terasa jauh dari sentuhan doa kita. Lidah kita terasa kaku menyelipkan nama mereka dalam potongan istighfar kita, maka cobalah sesekali selipkan nama mereka, sebab hal itu adalah baik dan akan berakibat baik, akan ada malaikat yang mengatakan "Dan untukmu hal yang serupa".

Liqoat

Abdul Sobur (Pelaku Bisnis Kreatif) , Dedikasi untuk Kemandirian Ekonomi

Di tangan orang kreatif, nilai suatu barang bisa meningkat sekian kali. Begitulah para pengrajin kriya, yang mampu mengolah bahan baku dilingkungan benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis. Sebuah kotak kayumisalnya, di tangan Abdul Sobur-pemilik Kriya Nusantara, mampu disulap menjadi kemasan berlapis kuningan dngan corak unik dan mewah.

Wijhat

Narasi di Mimbar Publik

Tak semua orang memiliki kesempatan untuk duduk dimimbar-mimbar publik. Dan tak semua orang datang, duduk, karena daya tarik kita. Mungkin ada ritual atau sistem yang mengharuskan kita berdiri dan berbicara sementara mereka mendengarkan. Maka orang yang bijak selalu bisa menghargai keistimewaan ini, dengan mempertimbangkan setiap kata yang keluar. Ini bukan soal siapa kita, tetapi apa yang keluar dari kita. Karena kata-kata adalah alat hitung bagi orang-orang bijak.

JAULAT

Kisah Tulang belulang di Rawagede, Karawang

Jasadnya telah menjadi tanah. Kisahnya pun nyaris musnah. Janda para korban yang masih hidup berjuang melawan lupa, bahwa ada tragedi kemanusiaan di rawagede.

Dzikroyat

Eulis Rosmiati (Bidan dan Aktivis Sosial)
"Membantu Orang itu Ibadah"

Alamiyat

Menanti Corak Pemerintahan Pasca Gelombang Reformasi Timur Tengah


Kearifan Komunitas

Komunitas Djadoel Djakarta, Mengabadikan Nostalgia dengan barang-barang lama
Saat waktu terus melaju, ada kenikmatan tersendiri untuk sesekali berhenti, menengok kebelakang. Melalui barang lama yang tersisa, sejenak kita bawa kenangan masa lalu.



Mukjizat

Fakta Autetifik Al Qur'an yang tak Terbantahkan (2)

Ufuqiyat
Gebrakan Politik Turki : Dari Debat Ideologis Menuju Pengaruh Politik

Ruhaniyat

Layakkah Kita Mendapat Hibah

Kelak di akhirat nanti, ada banyak orang tua yang mendapat tempat sangat istimewa di surga, berkat do'a dan istighfar anak-anaknya yang shalih (HR Ahmad)

Pemesanan, Berlangganan , hubungi Bu Tri – 081391004706

0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra