Tarbawi Edisi 227



Dirosat
l Kajian Utama

Kadang, Bukan Suasana yang Harus Diganti Tapi, Rasa yang Harus Kita Perbaiki

"Engkau tak akan bahagia dengan hanya berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tapi kembalilah kepada rasa yang ada dalam dirimu agar engkau gembira" (Syaik Aidh bin Abdullah Al Qarniy)

Mewujudkan tujuan hidup adalah sebuah perjalanan panjang dan terkadang melelahkan. Karena itu kita butuh untuk selalu melakukan revisi-revisi terhadap pilihan yang sudah kita ambil. Kita butuh perbaikan-perbaikan bahkan mungkin perlu untuk menata ulang kembali atau mengganti sebuah keadaan yang memang tidak mendukung kita untuk mewujudkan impian yang kita inginkan dengan mudah.

Menata ulang atau mengganti tentu tidak selalu tertuju pada kondisi suasana. Tapi banyak hal, khususnya rasa dan perasaan kita.

Liqoat l Tatap Muka
H. Mustofa Edwin Nasution,M.Sc,MAEP,Ph.D
Ekonomi Islam itu Civilization


Menyangkut cara pandang hidup bagaimana kita memaknai hidup ini. Disitulah posisi harta akan terdefinisikan : dari siapa, milik siapa sebenarnya, dan harus bagaimana mengelolanya. Termasuk didalamnya adalah bagaimana perilaku kita dalam mengaturnya, sejauhmana telah memenuhi kaidah dasar Islam. Jadi, ini adalah ilmu tentang hidup itu sendiri.

" Ekonomi Islam itu Civilization", kata Mustofa Edwin Nasution. Apa maksudnya ? Di edisi ini Tarbawi berkesempatan berbincang dengan Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia itu di rumahnya, dikawasan Depok, Jawa Barat.


Wijhat l Perspektif
Mempertanyakan Pertanyaan

Bertanya itu perlu, bahkan kadang menjadi keharusan. Pertanyaan, dalam komunikasi, berarti sebuah umpan balik (feed back), yang akan memperjelas arti pesan. Pertanyaan akan menggambarkan penerimaan dan memperjelas makna yang berhasil ditangkap sang penanya.

Kearifan Komunitas
Himpunan Astronomi Amatir Jakarta"Mengintip Misteri Alam Semesta"
Astronomi tak selalu harus bermakna sebagai ilmu sulit dengan deretan rumus dan angka-angkanya. Di mata sebagian orang, astronomi adalah hobi yang mengasyikkan. Bahkan, merupakan pintu untuk berpikir mendalam.

Ufuqiyat l Cakrawala
WNI di Tengah Konflik Sipil Bangkok

Kearifan Desa
Persahabatan Sejati Burung dan Warga Kampung Pulomurub

Saat warga Kampung Pulomurub mengalami kekeringan, burung-burung itu datang. Entah darimana, Tapi warga tak mengusiknya, bahkan mereka turut menjaga kelestariannya.


Jaulat l Catatan Perjalanan
Konferensi Perubahan Iklim Negara Muslim Dari Green City Hingga Al-Khaer City


Kepedulian pada alam tak mengenal perkecualian. Apalagi bagi ummat Islam. Tak saja karena perubahan Iklim yang kian mengkhawatirkan, tetapi juga secara keyakinan, banyak ajaran cinta lingkungan dalam Islam.


Dzikroyat l Kenangan
Eko Prasetyo Murdi Utomo (24), Penghapal 2.500 Hadits, Juara Pertama Hapalan Hadits Tingkat ASEAN III

"Satu per Satu Saya Menemukan Kebenaran Hadits"

Alamiyat l Dunia Islam
Menara Jam Makkah Merubah Acuan Waktu dari GTM ke Makkah


Ruhaniyat l Nasihat Ruhani
Dosa yang Terus Mengalir...


Saudaraku,
Renungkanlah, jika saat kita mati bukan pahala amal jariyah yang terus mengalir yang kita dapat, tapi akibat keburukan yang kita investasikan didunia keburukan mengakibatkan mengalirnya dosa-dosa kita...

Untuk pemesanan / berlangganan silahkan klik Disini

Majalah ini termasuk dalam Promo majalah tarbawi II, Rp 20.000 dapat 3 edisi, klik Disini


0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra