Tarbawi 295


Dirosat l Kajian Utama

Lihat Bangunan Orang, dan Tradisi Negeri Lain
"Ibnu Khardzabah tak pernah lupa mengamati bangunan-bangunan yang dilihatnya dalam perjalanannya, bahkan mampu menceritakan secara rinci pada gambar, tulisan dan ukiran-ukiran yang melekat pada bangunan itu" (Syaikh Ahmad Ramadhan Ahmad)

Di tanah air kita sendiri, tempat kita berkebangsaan, bernegara, dan bertinggal, banyak daerah asing yang mungkin belum pernah sekalipun kita kunjungi. Kita perlu melihat tempat-tempat itu. Menatap saksi sejarah. Dan belajar bagaimana hidup terus berlangsung, tapi akhluk hidup datang dan pergi bergantian.

Seluruh Ayat Al Qur'an yang berbicara tentang berjalan di muka bumi, menyuruh kita untuk mengambil pelajaran dari kesudahan orang-orang yang dzalim. Itu memberi banyak sekali faedah, dalam hal seperti apa kita mengambil pelajaran.

Liqoat l Tatap Muka

Prof.Drs.Isbandi Rukminto Adi,MKes,PhD., Pakar Kesejahteraan Sosial
"Beramal Harus Cerdas"

Tak bisa dipungkiri, isu esejahteraan sosial memiliki spektrum yang luas. Selalu hangat dalam setiap kebijakan pemerintah, tetapi juga selalu sulit diidentifikasikan capaian-capaian signifikannya. Selebihnya, isu kesejahteraan juga merupakan komoditi politis yang tak pernah habis. Persoalannya, ini semua menyangkut realitas nyata dari masyarakat kita, yang mebutuhkan penanganan serius dan terencana. Bagaimana kebijakan kesejahteraan sosial di Indonesia sejauh ini ? 

Perspektif l Wijhat

Akulturasi Tekhnologi
Tekhnologi itu produk kolektif. Tak saja selalu berupa penyempurnaan penemuan sebelumnya, tetapi juga pengembangan-pengembangan unik berdimensi budaya. Maka Tekhnologi bukan semata ber-ikon pada para tekhnologi yang personal, tetapi juga pada komunitas budaya yang menjadi pengembangnya.

Kearifan Komunitas

Komunitas Sabantara
Sebuah Cerita dari Perbatasan Nusantara

Berada di kawasan perbatasan, bukan persoalan gampang. Banyak yang tak terurus, bahkan tak terdaftar di peta. Maka, kepedulian kita adalah modal bagi mereka untuk terus menjaga kecintaan kepada bangsa.

Nasyath l Aktivitas

Dialog Peradaban Habibie - Anis Matta
Antara Kekuasaan dan Cinta

Setiap orang pada hakikatnya memiliki bibit-bibit cinta. Itu adalah karunia yang dititipkan Tuhan. Nah, selanjutnya, tinggal bagaimana orang tersebut mau atau tidak menyiraminya dengan kasih sayang agar bibit cinta itu mekar.

Jaulat l Catatan Perjalanan

Melihat Orang Aceh dari Pasar
Di Pasar, kita akan ketemu dengan banyak orang dengan segala barang-barang kebutuhannya. Ada tradisi dan karakter orang. Begitupula yang kita teukan di 'Pasar Aceh', Senayan, Jakarta.

Dzikroyat l Kenangan

Trian Erlangga, Tuna Netra Pendamping Anak-anak Jalanan
"Agar Mereka Punya Mimpi"

Mukjizat

Benarkah Manusia Menginjakkan Kaki di Bulan?

Kali ini kita akan melihat beberapa rumor yang muncul terkait fakta sampainya manusia di bulan. Bagaimana Al Qur'an membahas kemungkinan informasi itu?

Ruhaniyat l Nasehat Ruhani

Apa Amal Terakhir Kita?

Merenung dan memacu harapan agar bisa memperoleh husnul khatimah (akhir usia yang baik), harus diiringi dengan bagaimana kita menjauhi kebalikannya, yakni suu'ul khatimah (akhir usia yang buruk).

Untuk pemesanan atau berlangganan silahkan hub bu Tri 081391004706
 


1 komentar:

{ Obat Stroke Alami } | 20 Mei 2013 pukul 02.05 mengatakan...

infromasi menarik terima kasih sudah disampaikan !

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra