Tarbawi Edisi 262



Dirosat l Kajian Utama

Sampai Kapanpun Kita Harus Rindu pada Tanah Itu

"Tak ada seorang Muslim pun kecuali ia rindu melihat Ka'bah dan melakukan tawaf. Manusia menuju kesana, dari Segala arah dan seluruh penjuru muka bumi" (Imaduddin Isma'il bin Umar bin Katsir rahimahullah)

Di tanah suci itu rindu tanpa batas waktu Ditanah haram Makkah, tempat Ka'bah berdiri tegak menyerap segala rasa kagum dan hormat,ada rindu tanpa batas jumlah. Maka hati siapapun orang beriman akan tertambat ke sana. Sampai kapanpun. Bagi kita yang belum pernah pergi ketanah mulia itu, pasti ada rindu yang terus kita pacu. Agar suatu waktu nanti kita bisa menapakkan kaki disana, mengangkat tangan dalam doa panjang disana, menempel kening dalam sujud-sujud yang utuh ditanah itu. Bagi kita yang sudah pernah merasakan getar jiwa ditanah suci itu, pasti ada rindu untuk datang kembali. Kembali lagi. Dan lagi.

Liqoat l Tatap Muka

Ir. H.Winarno Tohir, Ketua Umum KTNA
Dari Petani Untuk Petani

Saat mewarisi tanah lima hektar dari orang tuanya, Winarno Tohir hanya berfikir sederhana, yakni bagaimana menjadi petani yang baik. Ketekunan dan kepedulian pada persoalan petani mengantarkannya pada jabatan Ketua Umum Kontak Tani Nasional Andalan (KTNA). Sejak tahun 2000, ia memimpin organisasi yang mengorganisir lebih dari 21 juta keluarga petani itu. Berbagai acara Internasionalpun telah diikutinya termasuk melatih petani Afrika di Gambia dan Senegal.

Wijhat l Perspektif

Cerita dalam Keluarga

Jika keluarga kita gambarkan sebagai ruang komunikasi, maka narasinya akan beraneka ragam. Akan ada banyak cerita di dalamnya, baik menyangkut apa yang terjadi atau apa yang dituturkan. Cerita, kata pakar komunikasi keluarga Chris Segrin dan Jeanne Flora, adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan keluarga, sebagaimana halnya rutinitas, ritual dan rahasia keluarga. Selalu ada cerita dalam setiap interaksi anggota keluarga.

Jaulat l Catatan Perjalanan

Kisah Pak Salam "Berdamai dengan Sampah"

Sampah tak bisa dihindari, tapi bisa dimanfaatkan. Di Kedai Daur Ulang, Pak Salam merubah sampah kertas menjadi barang yang meningkat nilainya berkali lipat.

Alamiyat

Libya : Pembebasan atau Penjajahan Baru

Kisruh politik di Libya mencapai puncakya dengan terbunuhnya Kolonel Moammar Qaddafi, pemimpin Libya yang berkuasa sejak ia berhasil menumbangkan kekuasaan Raja Idris Sanusi pada tahun 1969.

Sejak awal, sudah tercium aroma konspirasi dalam konflik Libya. Aksi-aksi menentang Qaddafi bukan hanya karena faktor kebencian personal dan ketidakpuasan sebagian rakyat Libya atas kepemimpinan Qaddafi, tapi ada faktor eksternal yang menggerakannya untuk kepentingan tertentu.

Kearifan Komunitas

Raptor Club Indonesia (RCI) "Kepedulian untuk Kelestarian Elang

Awalnya mereka adalah kumpulan para pengagum kegagahan dan keindahan elang. Sadar akan keberadaan Elang yang terancam punah, Raptor Club Indonesia (RCI) kemudian turut andil dalam program konservasi.

Dzikroyat l Kenangan

Sri Utami Soedarsono, Pendiri sekolah untuk anak-anak dengn Autisme dan Kesulitan belajar "Pelita Hati".
' Anak-anak itu Guru Bagi Saya'

Galeri Ekonomi

Belanja Oleh-Oleh Haji, Murah-meriah tanpa mengganggu Ibadah

Mukjizat Al Qur'an

Menikahlah, Rasakan Indahnya Mukjizat Al Qur'an (2)

Menikah menjadi sarana yang bisa menyuburkan banyak sisi positif dalam diri suami, istri dan anak-anak. Bagaimana hasil luar biasa itu bisa muncul ? inilah salah satu kemukjizatan Al Qur'an yang harus kita ketahui.

Ruhaniyat

Katakanlah " Labbaikallahumma labbaiik....(2)"
Mari mulai hari ini dengan menegaskan pada jiwa dan raga kita,untuk tunduk dan memenuhi panggilan dan seruan Allah swt. Mari ucapkanlah, "labbaikallahumma labbaik..."
Allah, kupenuhi seruanmu ya Allah

Untuk Pemesanan Majalah Tarbawi Edisi 262 silahkan Klik disini

Tarbawi turun harga ? Klik disini









0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra