Tarbawi Edisi 276



Dirosat l Kajian Utama

Menakar Selera Kita dalam Saling Mengingatkan

"Saat engkau mengingatkan saudaramu sesama Muslim, berikanlah caramu yang terbaik dalam meluruskan kesalahan atau menunjukkan kebenaran" (Khalid bin Sa'ud Al Baulaihid)

Menasihati diri dan orang lain dengan Al Qur'an dan sunnah, mengunduh petuah tulus dari orang tua, mengambil pengingat dari yang berilmu dan mengerti, dan saling berbagi peringatan dari kehidupan sesama, adalah peta-peta dasar.

Pada semua jenis pengingat itu, ujiannya ada di diri kita sendiri. Sejauh mana kita rela memberikan jiwa kita secara pantas kepada sumber pengingat dan nasehat itu. Masing-masing ada kepatutannya. Masing-masing ada kecukupannya.


Liqoat l Tatap Muka

Prof. DR. Jimly Asshiddiqie, SH (Pakar Hukum Tata Negara)

"Dedikasi Untuk Konstitusi"

Sosok Jimly Asshiddiqie seolah tak bisa dilepaskan dari isu-isu seputar hukum Tata Negara. Selain karena posisinya sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara Universitas Indonesia, kiprah pria kelahiran Palembang ini juga tak jauh-jauh dari bidang tersebut. Jimly antara lain pernah menjadi tim ahli dalam penyusunan RUU Mahkamah Konstitusi (MK) dan kemudian menjadi ketua MK pertama di negeri ini.

Dia sempat menjadi anggota Tim Ahli Badan Pekerja MPR yang berkontribusi dalam proses amandemen UUD 1945. Atas kiprahnya, Majalah Globe Asia pernah menobatkan Jimly sebagai "Man of The Year" 2008, salah satu alasannya, Jimly bersama para koleganya terbukti memiliki rekam jejak bagus dalam reformasi hukum di Indonesia yang memperkuat proses berlangsungnya demokrasi. Lebih dari itu, penasihat Menristek ini tak lelah untuk terus terlibat dalam berbagai aktivitas kemasyarakatan.

Dengan semangat "share and care", Jimly selalu menyempatkan diri untuk terus berbagi ilmu dan pengalamannya, bahkan untuk forum-forum kecil. Pada edisi ini Tarbawi berkesempatan berbincang dengan peraih bintang Mahaputra Adipradana ini di kantornya, Gedung BPPT Jakarta.


Wijhat l Perspektif

Hasrat Komunikasi

Tekhnologi telah mengafirmasi hasrat berkomunikasi sedemikian rupa. Tekhnologi menjadikan kendala jarak dan waktu tak lagi relevan. Sekian tahun lalu, komunikasi mobile adalah sebuah kemewahan. Kini, dengan kompetisi bisnis para operator yang kian sengit, komunikasi berbasis tekhnologi seluler dan internet menjadi sedemikian murah. Hampir setiap orang bisa memiliki dan menggunakan telepon genggam atau mengakses internet. Tapi kemudian kemudahan tak selalu bermuara pada kemanfaatan.

Kearifan Komunitas

"Sindikat Kuliner " Kolaborasi Pebisnis Makanan di Kota Kembang

Semangat komunitas untuk meningkatkan produktifitas, kenapa tidak. Begitulah beberapa pebisnis makanan di Kota Bandung berpikir. Melakukan "Sindikat Kuliner", mereka tumbuhkan kolaborasi, berbagi, dan kreatifitas tiada henti.


Dzikroyat l Kenangan

Galuh Sukmara Hafeez , Aktivis Pendidikan Bagi Tuna Rungu

"Saya Ingin Bahasa Isyarat Diakui"

Sangat Inspiratif, kisah dari seorang ibu yang kehilangan pendengarannya sejak usia 3 tahun, namun kemudian, disaat SMA mendapat nilai ujian tertinggi se Kabupaten, dan melanjutkan studinya di Jurusan Psikologi UGM. Berjuang agar para penderita tuna rungu dapat setara, mendirikan Deaf Moslem Support Network. Berjuang agar ada Bahasa Resmi tuna rungu yang diakui dan serius untuk dekembangkan, dengan harapan anak-anak tuna rungu nantinya mau belajar tentang shalat tentang Nabi Muhammad, termasuk menggalang dana untuk membuat Multimedia, khususnya untuk mengajarkan anak-anak tuna rungu seputar Islam. Orang Islam tertinggal, karena orang Kristen telah memiliki injil yang telah diterjemahkan dalam 114 bahasa isyarat di seluruh dunia.


Jaulat l Catatan Perjalanan

Menelusuri Malam di Jakarta Historical Race

Jakarta Ibu Kota negara, siapa yang tak mengenalnya. Tapi diluar berita tentang macet, banjir, hiruk pikuk politik, dan berita-berita kriminal seputarnya, kenalkah kita bagaimanaa sejarah berikut tradisi-tradisi lokal Jakarta ?

Jakarat Historical Race (JHR) menyuguhkan pengalaman berbeda untuk mengenalkan Jakarta pada penduduknya. Hanya dalam waktu beberapa jam, kita bisa mengenal sejarah kota Jakarta hingga tradisi yang masih bertahan hingga kini.

Mukjizat Al Qur'an

Menyelami Keistimewaan Semut

Saat ini telah ditemukan lebih dari sepuluh ribu jenis semut di dunia. Seluruhnya hidup dalam komunitas yang teratur kerjasama, saling membantu, membangun, berbicara dan merasakan. Ilmu pengetahuan modern, juga menemukan bahwa semut memiliki otak dan syaraf..Subhanallah.


Ruhaniyat l Nasehat Ruhani

Jangan Takut Bila Harus Lewati Ujian

Fitnah atau ujian, adalah kenyataan tak terpisahkan dari hidup. AL Jurjani, menyebut definisi fitnah dengan,"sebuah peristiwa yang bisa menyingkap keadaan seseorang, baik dalam kebaikan maupun keburukan". Seperti lembaga pendidikan yang membuat ujian untuk mengetahui nilai dan tingkat pemahaman peserta didik. Seseorang yang mengalami fitnah, pada hakikatnya adalah sedang melewati proses untuk bisa diketahui sejauh mana tingkat keimanan dan kejahilannya. Untuk menyingkap bagaimana kualitas komitmennya terhadap kebenaran dan bagaimana kelemahannya.


Untuk pemesanan silahkan Hub 081391004706 (Bu Tri) atau Klik Disini
Tautan
Klik Disini untuk Info Berlangganan

Jangan ketinggalan Promo Hemat Majalah Tarbawi

0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra