Tarbawi Edisi 278


Dirosat l Kajian Utama

Masalahnya, Kita Sering Kurang Yakin

"Kurang percaya diri, adalah sifat wara' yang palsu, yang menimpa diantara kaum Muslimin ; ia menolak bicara, padahal ia sebenarnya mampu". (Syaikh Ibrahim Ad Duwaisi)

Keyakinan adalah modal sangat utama dalam hidup kita. Keyakinan merupakan pilar terpenting yang kita perlukan untuk bersandar dalam segala situasi. Keyakinan adalah juga penggerak utama perjalanan hidup kita. Seperti dikatakan Ibnu Qayyim, " Itu seperti ruh bagi jasad, yang dengan itu pula orang-orang yang mengerti dalam soal ini lebih utama dari mereka yang tak mengerti". Memahami keyakinan tidak sebatas bagaimana kita mendapatkannya. Tapi juga dengan apa kita merawatnya dengan benar, menguatkannya, dan bagaimana kita menjaganya agar tidak salah.

Dengan berbagai bentuknya di atas, seringkali problema utama kita adalah gagal memahami struktur dan peta keyakinan itu sendiri. Maka kita punya kadar tertentu dari keyakinana itu. Tapi kita tidak menguatkannya dengan penopang pengetahuan yang memadai. Maka, dalam banyak hal, masalahnya, seringkali karena kita kurang yakin.


Liqoat l Tatap Muka

Riad Quarzazi, Instruktur di Al Maghrab Institute

Manusia Membutuhkan Apa yang Disebut Kembali Pada Hal yang Paling Asasi Dalam Hidupnya

Beberapa waktu lalu, di Jakarta diadakan sebuah seminar yang lain dari biasanya. Dengan mengambil waktu dua kali akhir pekan (double weekend), seminar yang diadakan Al Maghrib Institute itu menghadirkan langsung pembicaranya dari Kanada, Syaikh Muhammad Riad Ourzazi. Kantor Pusatnya di Housten, Amerika. Seminar ini juga menandai dibukanya cabang Al Maghrib Institute di Indonesia, setelah sebelumnya di Singapura dan Malaysia. Acara tersebut luar biasa mampu menggugah kesadaran peserta sebagai seorang Muslim.


Perspektif l Wijhat

Antara Retorika dan Hermeneutika

Fungsi mempengaruhi selalu dilekatkan pada komunikasi. Retorikapun melegenda dalam sejarah komunikasi. Karena memang, secara mudah kita mengartikan retorika sebagai seni mempengaruhi yang rujukan praktisnya bisa kita temui dalam sejarah klasik Yunani. Bahkan pernah ada masa di mana retorika begitu mendeterminasi. Di Syracuse pada abad ke 5 misalnya, retorika adalah alat untuk mencari keadilan. Siapa yang mampu membela dirinya dari tuduhan dengan retorika akan terbebas dari hukuman.


Kearifan Komunitas

Komunitas Aleut, Cara Indah Belajar Sejarah

Komunitas Aleut Bandung mengajak kita belajar sejarah dengan konsep yang unik dan menarik. Berperjalanan, berwisata, sekaligus berbagi pengetahuan.


Dzikroyat

Sarno Ichwani, Pelopor Listrik Mikrohidro di Cilongok Banyumas
"Saya Hanya Ingin Menanam Yang Baik"

Proyek pertama pembuatan listrik dengan kincir ini saya ken bersama adik saya, Wardi, mulai dari merancang kayu untuk baling-baling, mencari karet untuk penghubung dengan dinamo, sampai mencari leker yang tepat.


Khazanah

15 Muslim di Piala Eropa 2012


Jaulat l Catatan Perjalanan

Museum Batik Danar Hadi
Warisan Luhur Itu Bernama Batik

Batik lebih dari sekadar lembaran kain dengan corak-coraknya yang khas. Batik adalah identitas budaya bangsa yang menyimpan nilai-nilai luhur.

Museum yang diresmikan pada tanggal 20 Oktober 2000 ini merupakan museum pribadi milik Santosa Doellah, pengusaha dan pemilik perusahaan batik Danar Hadi.


Galeri Ekonomi

Bisnis Handycraft, Menikmati Hobi menuai Untung

Menekuni hobi tak hanya menyenangkan, tapi bisa juga mengisi pundi keuangan. Seperti kerajinan tangan yang berawal dari kesenangan, setelah ditekuni, banyak membawa keuntungan.


Mukjizat Alam Semesta

Alam Semesta Bergerak Semakin Luas ? (1)

Banyak pertanyaan muncul bertujuan untuk meragukan kemukjizatan Al Qur'an dari aspek ilmiyah. Sebagian berdalih dengan menggunakan sejumlah pendapat ulama dari kitab0-kitab tafsir konvensional terhadap sejumlah ayat Al Qur'an. Apakah kita wajib memahami Al Qur'an sebagaimana disampaikan sejumlah pendapat ulama terdahulu terhadap ayat-ayat Al Qur'an.

Ruhaniyat l Nasehat Ruhani

Jangan Putus Asa terhadap dosa


Untuk Pemesanan atau berlangganan silahkan hubungi 081391004706 (Bu Tri)


0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra