Tarbawi Edisi 282



Dirosat l Kajian Utama

Melajukan Kemusliman Kita di Tengah Masyarakat yang Enggan

"Orang beriman itu, di dunia seperti orang asing. Tidak gelisah dengan kemiskinannya, tapi tidak terkejar kemuliaannya. Orang-orang punya keadaannya, dan dia punya keadaannya sendiri." ( Imam Hasan Al Bashri)

Ada banyak realitas yang kita hadapi. Bahkan setiap masa punya kisahnya. Maju atau mundurnya. Baik dan buruknya. Diatas kenyataan itulah kita perlu memastian, apakah kita bisa terus menyertai rentang zaman ini sebagai seorang Muslim. Ini yang kita sebut dengan melajukan kemusliman kita di tengah bermacam keadaan.

Melajukan kemusliman, artinya memastikan bahwa kita terus melangkah, manapaki hidup ini sebagai seorang muslim. Mengiringi satuan-satuan waktunya. Umur tidak mungkin kita hentikan, dan karenanya,kita akan hidup dari satu situasi ke situasi lainnya. Peradaban yang satu bisa berganti dengan peradaban lainnya. Sepanjang itu apakah kita tetap bisa menjalankan kemusliman kita, ataukah terjadi keguncangan kepribadian pada diri kita.

Liqoat l Tatap Muka

Prof.Dr.H.Soedijarto, MA ., Tokoh Pendidikan
Meluruskan Arah Pendidikan Nasional

Diusianya yang tak lagi muda, Prof Soedijarto selalu bersemangat membincangkan soal pendidikan, termasuk mendatangi diskusi-diskusi kecil seputar tema itu. Semangat yang nampaknya berbanding lurus dengan kegelisahan Guru Besar Universitas Indonesia ini pada realitas dunia pendidikan kita. Pendapat-pendapat kritisnya pun banyak dikutip media, misalnya soal Ujian Nasional atau mahalnya biaya sekolah. Dedikasi Soedijarto dalam dunia pendidikan nampak dalam catatan aktivitasnya sejak memilih jurusan kependidikan di bangku kuliah. Pemikiran-pemikiran mantan ketua umum Ikatan Sarjanan Pendidika Indonesia (ISPI) ini terekam dalam banyak artikel dan buku pendidikan yang ditulisnya. 

Kearifan Desa

Pokmair Genthong 30
Hemat Air untuk anak cucu

Tak ada kehidupan tanpa air. Maka warga di kelurahan Kadipaten, Kraton, Yogyakarta, pun menjaga hidupnya melalui pengelolaan air yang benar dan sehat. Aktivitas Pokmair Genthing 30 mengusung program 3P, yaitu penghematan air, pendayagunaan ulang air, dan pelestarian sumber air.

Jaulat l Catatn Perjalanan

The 3rd Muslim World Biz, Kolaborasi Bisnis untuk Dunia Islam

Ketika perekonomian Amerika dan Eropa terpuruk, saatnya dunia Islam mengambil peluang. Dengan semangat kolaborasi, pebisnis muslim bisa menjual potensi ekonomi yang melimpah di negara-negara Islam. Dalam acara ini juga terdapat acara penghargaan,"The Jewel Muslim World Award 2012" yang memberikan pernghargaan atas kerja keras serta kontribusi yang telah dilakukan dalam mengembangkan ekonomi Islam. Agenda MWBIZ 2012 di Jakarta kali ini, diikuti oleh sekitar 35 negara, dengan target sekitar 70 ribu pengunjung. Ada lebih dari 600 stan yang terdiri dari berbagai sektor.

Dzikroyat l Kenangan

Atih Kurniati, 30 Tahun Menjadi Guru di Pelosok
"Tatapan anak-anak itu yang menahan Saya"

Ditemani suara monyet dan beberapa babi hutan yang kerap berlalu lalang kepemukiman, saya mencoba berdamai dengan suasana. Ternyata apa yang saya temuan ditempat itu, tidak lebih baik dari apa yang telah menjadi cerita. Tahun-tahun pertama saya disana, sungguh menjadi tahun tantangan yang teramat membenak dalam ingatan.

Galeri Ekonomi

Peduli Lingkungan dalam Souvenir Pernikahan
Souvenir tidak harus mahal dan mewah. Barang-barang yang unik namun fungsional, bisa jadi lebih berkesan. Konsep souvenir pernikahan go green bisa jadi pilihan.

Mukjizat

Luar Biasanya Puasa (3)
Keluar biasaan puasa hampir tak mungkin diurai karena banyaknya manfaat puasa yang bisa kita rasakan. Dari semua yang telah dikaji dalam tulisan ini, dari pertama hingga bagian akhir, hanyalah sedikit dari banyaknya manfaat puasa pada kita, umat Islam.

Khazanah

5 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia


Ruhaniyat l Nasehat Ruhani

Hati yang Terpaut dengan Masjid
Orang yang hatinya terpaut dengan Masjid, jika diseru untuk melakukan shalat,ia bersegera melakukannya. Pergi ke Masjid dengan gegap rindu dan kesenangan guna meraih kedamaian hatinya disana. Tidak merasa tentram dengan dunia meskipun dunia ada pada dirinya.


0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra