Tarbawi 286




Dirosat l Kajian Utama

Sering Terlupakan, Fungsi Kita Sebagai Perantara

" Hendaklah Setiap Kalian berbuat semampunya, untuk menolong pasangannya mencintai Allah dan mendapat ridha-Nya. Betapa banyak perempuan yang telah menjadi perantara bagi kesalihan suaminya." (Syaikh Muhammad Mukhtar Asy Syanqithi)

Interaksi dengan sesama di kehidupan ini, dalam saling mengisi dan saling melengkapi, bukanlah untuk menunjukkan siapa yang lebih hebat dari yang lain. Sama sekali bukan itu. Karena sesungguhnya  kita semua sama saja ; berasal dari nol, lalu kemudian masing-masing dilebihkan Allah dari sisi pemberian yang berbeda-beda. Dari sisi itu kita saling mengisi. Maka interaksi kita, antara satu dengan yang lain, sejatinya sekedar menjalankan fungsi kita sebagai perantara. Hanya itu. Dan itu yang sering terlupakan.

Di sini, fungsi perantara itu kita coba telusuri. Dalam berbagai rasa. Agar kita lebih percaya dan sadar, bahwa sebenarnya kita tak perlu menyimpan rasa paling atas.

Liqoat l Tatap Muka

dr. Basuki Supartono, Sp.OT,FICS,MARS., l Pendiri dan Pembina BSMI

Selain berkontribusi untuk kemanusiaan, dr Basuki Supartono berharap, kehadiran Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) juga bisa mensosialisasikan simbol identitas diri umat Islam, yakni lambang bulan sabit merah. Maka pendiri BSMI ini pun resah tatkala DPR saat ini sedang menggodok RUU Kepalangmerahan yang salah satu isinya mengharuskan penggunaan satu simbol untuk lembaga kemanusiaan, yakni palang merah. Terasa menjadi ironi, ketika masyarakat makin akrab dengan salah satu lambang identitasnya, ada wacana dari pemerintah untuk melarang penggunaannya.

Perspektif l Wijhat

Perubahan tekhnologi komunikasi membawa perubahan mendasar tak hanya dalam cara kita berkomunikasi, tetapi juga dalam bidang lain, seperti masalah sosial atau ekonomi. Jika Karl Marx mengandaikan perubahan struktur ekonomi sebagai faktor determinan dalam sejarah manusia, maka beberapa pakar menyebut perubahan tekhnologi komunikasi juga membawa dampak yang kurang lebih sama. Ketika tekhnologi membuat kita terkoneksi secara global, banyak perubahan hidup kita sangat terasa.

Kearifan Komunitas

Bikepacker Indonesia , Menikmati Nusantara dari Atas Sepeda

Ada kebugaran, persahabatan, dan kesabaran dalam bersepeda. Menikmati Nusantara pun terasa lebih dekat dan hangat.

Jaulat l Catatan Perjalanan

Semarang dan Kota Tua yang Merana

Kota tua selalu menyimpan pesona. Lebih dari corak bangunan dan tata letak yang khas, kota tua adalah jendela untuk menengok kenangan masa lalu.

Dzikroyat l Kenangan

Tirta Nursari, penggagas Warung Pasinaon dan Koran Ibu

"Saya Bahagia Melihat Mereka Bermanfaat bagi Orang lain"

Khazanah 

Presiden Paling Dermawan

Bagi banyak orang, kekuasaan bisa bermakna pintu kemakmuran. Maka jabatan presiden sangat memungkinkan seseorang untuk memperkaya diri. Tapi beberapa presiden beranggapan kemakmuran itu hak rakyat, bukan dirinya. Merekapun rela mendonasikan sebagian besar gajinya untuk rakyat. Disini dibahas empat orang diantaranya.

Mukjizat

Terapi Energi ; Bagaimana menurut Al Qur'an ?

Cakrawala

Periode kedua Barrack Obama : Tantangan Ekonomi dan Pengaruh Dunia

Ruhaniyat l Nasehat Ruhani

Diantara Dua Ujung

Hampir tak ada orang yang menganggap perjalanan waktu ini begitu lambat, kecuali tatkala ia sedang dalam proses meniti waktu itu sendiri. Saat waktunya sudah lewat, semua sepakat menyimpulkan, bahwa waktu berjalan begitu cepat. Kita ini, seperti baru saja melewati masa kecil, dan kini sudah berusia puluhan tahun hidup didunia.

Umur atau usia kita sama saja. Terdiri dari hari demi hari. Kumpulan dari malam dan siang. Setiap berlalu malam dan siang, setiap terlewat hari, berarti stok kita akan habis untuk kemudian tiba saatnya kita harus meninggalkan dunia.

Saudaraku, Bertanyalah. Setelah sekian tahun hidup, berapa ayat Al Qur'an yang telah kita hafal ? berapa kali kita mengkhatamkan bacaan Al Qur'an? Berapa banyak kita menelaah firman Allah swt ? Berapa banyak kita menelaah firman Allah swt ? Berapa banyak kita mempelajari hadits Rasulullah saw dan menggali maknanya? Bandingkan dengan waktu yang kita lewati untuk jalan-jalan dan duduk-duduk?

Untuk Pemesanan silahkan hubungi Ibu Tri 081391004706 atau 085647615532




0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra