Tarbawi 287





Dirosat l Kajian Utama

Dibalik Kebiasaan Kita Memilih Kata

" Siapa yang tahu bahwa kata-katanya bagian dari perbuatannya, niscaya akan sedikit bicaranya, kecuali apa yang bermanfaat baginya." (Umar bin Abdul Aziz radhiayallahu'anhu)

Seperti apa kebiasaan kita memilih kata, akan menjadi corak bagi pengantar-pengantar segala situasi kita, nafas bagi deklarasi sikap kita, rasa bagi pengiring kesudahan kita, juga gambaran kelas dari reaksi-reaksi kita.

Liqoat l Tatap Muka

Prof.Ir.Sigit Supadmo Arif,M.Eng.,Ph.D., l Pakar Irigasi UGM

Perspektof Budaya dalam Irigasi

Tak banyak akademisi yang menekuni masalah irigasi, karena bidang ini sering dianggap 'kering'. Tapi Prof. Sigit punya pandangan lain. Menurutnya irigasi merupakan kunci dalam pertanian, sementara pertanian identik dengan urusan pangan. Memperbaiki irigasi berarti berkontribusi dalam ketahanan pangan.

Perspektif l Wijhat

Seri Sosiotekno 1
Mengendalikan Tekhnologi

Kehadiran tekhnologi sering bermata dua, membawa manfaat sekaligus menyimpan mudharat. Wacana tentang dampak tekhnologipun tak ada habisnya, sampai-sampai ada yang beranggapan bahwa tekhnologi telah mendeterminasi hidup manusia sedemikian rupa. Manusia kemudian terkesan tak berdaya oleh akses tekhnologi yang diciptakannya sendiri.

Pandangan ini mengandaikan tehnologi berkembang dengan logikanya sendiri sebagai produk sains. Ada penemuan-penemuan ilmiah, ada penciptaan alat, dan kemudian bertemu dengan kehidupan praktis manusia. Ada kemudahan namun kemudian ada ancaman dibalik itu semua.

Kearifan Komunitas

Komunitas Sedekah Harian

Langkah sederhana untuk Peduli Sesama

Berbuat baik bisa sangat sederhana. Cukup sisihkan uang berapapun, setiap hari, dan komunitas Sedekah Harian siap menyalurkan pada mereka yang membutuhkan.

Dzikroyat l Kenangan

Mak Eros, Ibu dengan 25 Anak

"Setiap Shalat, Saya sebut Anak-anak Semua"


Khazanah

4 Tokoh Barat Pro Palestina

Sulit dipungkiri, kepongahan Israel selama ini tak terlepas dari dukungan negara-negara Barat, khususnya Amerika Serikat. Tapi ternyata tak semua masyarakat Barat pro Israel. Beberapa orang, termasuk aktivis, jurnalis, akademisi, bisa melihat dengan jernih bagaimana kekejaman Zionis selama ini, sehingga mereka selalu menyuarakan pembelaannya pada Palestina.

Mukjizat

Ketika Padang Pasir Berubah Jadi Padang Rumput

Sejumlah penelitian kembali mengungkap sejumlah fakta baru terkait iklim di Bumi. Dan ternyata, hasil penelitian yang didasari oleh sejumlah foto satelit itu kian meneguhkan kebenaran Rasulullah saw.

Ufuqiyat l Cakrawala

Penjara Raksasa Itu Bernama Gaza

Tulisan Noam Chomsky, profesor linguistik (emeritus) Massachusets Institute Of Technology AS. Meskipun berdarah Yahudi, Noam banyak mengkritik ketidak adilan Amerika dan Israel, khususnya warga Palestina. Tulisan ini dimuat di Tarbawi melalui www.chomsky.info, yang merupakan refleksi atas kunjungan ke Gaza, 25-30 Oktober 2012.

Ruhaniyat l Nasihat Ruhani

Terima Kasih....

Untuk Pemesanan silahkan hubungi Ibu Tri 081391004706 atau 085647615532













0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra