Tarbawi Edisi 273



Dirosat l Kajian Utama


Mereka Jadi Besar Karena Iringi Mau dengan Kemantapan

Tidaklah berhenti sebuah mau kecuali karena rendahnya. Akan tetapi, ketika mau itu meninggi, ia tidak akan puas dengan sesuatu yang tak berarti." (Abul Farj Ibnul Jauzi Rahimahullah)

Ada banyak orang-orang besar dari para salafusshalih, yang selalu relevan untuk kita jadikan teladan. Yang selalu memadai untuk kita jadikan sumber inspirasi. Dari mereka kita harus selalu belajar, dan tidak berhenti hanya dengan mengagumi. Untuk itulah kisah-kisah mereka diketengahkan pada edisi ini. Agar kita selalu kuat punya mau. Dan menyambung mau itu selalu, diakhir setiap bab. Di kesudahan setiap urusan. Seperti yang diteguhkan Izzudin bin Abdissalam.
  • Belajar dari Kegigihan Mendalami Ilmu
  • Belajar dari Doa yang Terpanjat Tanpa Henti
  • Belajar dari Berpacu Memenangkan Diri
  • Belajar dari Tradisi Ekspansi yang Merahmati
  • Belajar dari Persembahan Karya-karya Monumental
  • Beginilah Cara Mereka Iringi Mau


Liqoat l Tatap Muka

Mohamed Ali Harrath, Pendiri dan CEO Islam Channel, London. Dengan Media, melawan Islamophobia

Tak berlebihan menyebut Islam Channel sebagai stasiun televisi Muslim terbesar di Inggris. Televisi berbahasa Inggris ini menjangkau sekitar 60 persen komunitas Muslim Inggris dan disiarkan melalui Satelit ke 132 negara. Tokoh penting ini adalah Mohamed Ali Harrath, pendiri sekaligus CEO-nya.

Wijhat l Perspektif

Skeptik Itu Baik

Begitu cepatnya informasi menyebar. Tapi begitu lambatnya upaya kita meningkatkan media literacy, yakni kemampuan kita dalam mencerna isi media secara positif dan konstruktif. Dalam batas tertentu, ada baiknya kita meniru salah satu tradisi jurnalisme, yakni skeptik. Ini semacam prinsip bagi para wartawan untuk meragukan atau selalu curiga (doubtful) pada setiap potongan informasi yang diterimanya.

Alamiyat l Dunia Islam

Laporan Perjalanan Delegasi Global March To Jerusalem (GMJ), Langkah Pembebasan yang Tak Boleh Berhenti

Lapangan yang berdebu, panas terik bercampur semilir udara dingin, serta pekik takbir dan semangat para peserta. Ini memang aksi damai, dan itu sebabnya para peserta aksi tidak sedikit yang membawa serta anak-anak mereka turut serta dalam aksi ini.

Delegasi Indonesia menjadi daya tarik sendiri aksi ini. Selain perkenalan hangat dan gembira yang disampaikan banyak peserta negara dunia terhadap delegasi Indonesia, tak sedikit juga anak-anak Palestina, tua dan muda hingga anak-anak, meminta untuk sekedar diambil foto bersama anggota delegasi Indonesia. Indonesia tentu bukan nama baru bagi mereka mengingat sumbangsih dan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina selama ini, mereka ketahui dan bahkan mereka rasakan. Itu sebabnya, saat mereka membaca nama Indonesian Delegate dan bendera merah putih, perasaan rindu dan gembira itu mereka tumpahkan.

Kearifan Komunitas

Komunitas Muslimah Backpaker. Berjalan, Bergaul, dan Berbagi Pengalaman.

Menjadi seorang Backpacker lebih dari sekedar melepas hasrat untuk jalan-jalan. Dalam keyakinan Komunitas Muslimah Bacpacker, berpetualang berarti menyelami pengalaman sosial secara mendalam. Karenanya, mereka juga bertekad untuk membaginya lewat tulisan.

Jaulat l Catatan Perjalanan

Mall Rongsok, Peluang Emas Pecinta Barang Bekas

Di Tangan pakar Restorasi, barang-barang bekas bisa difungsikan kembali. Dan di tangan Nurcholis, barang-barang ini menjadi koleksi yang bisa dijual kembali, bahkan dalam sebuah 'Mall', 'Mall Rongsok'.


Dzikroyat

Anik Indrawati, Tuna Netra Pembuat Al Qur'an Braille, Jangan Sampai Matanya Buta dan Hatinya Juga Buta.

"Mengetik Al Qur'an braille itu sangat sulit. Butuh ketepatan, kecermatan dan kesabaran ketika mengetik. Salah letak titik, kelebiatau kekurangan titik saja bisa fatal".


Mukjizat Al Qur'an

Hafalan Al Qur'an Tingkatkan Kecerdasan dan Keseimbangan Mental

Sebuah kajian dan penelitian keislaman dilakukan. Temanya tentang tingkat kesehatan psikologis yang diperoleh seseorang dan kaitannya dengan tingkat hafalan Al Qur'annya. Bagaimana hasilnya ?

Ruhaniyat l Nasihat Ruhani

Tetaplah Berbaik Sangka Pada Allah SWT

Untuk pemesanan silahkan Hub 081391004706 (Bu Tri) atau Klik Disini
Tautan
Klik Disini untuk Info Berlangganan

Jangan ketinggalan Promo Hemat Majalah Tarbawi




0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra