Tarbawi Edisi 274


Dirosat l Kajian Utama


Lelaki Itu Mengadu Pada Rasul Soal Tetangganya

"Jadikan dirimu tetangga yang baik, karena bertetangga yang baik akan menambah rezeki rumah dan menambah usia." (Syaikh Ibrahim Abu Raja' rahimahullah)

Siklus hidup kita punya tabiat unik. Kita lahir dari sebuah keluarga, tapi kebanyakan kita tumbuh untuk meninggalkan keluarga. Selanjutnya kita akan hidup bertetangga, dengan orang-orang baru. Seperti Asma' yang harus berpindah ke Madinah, menemukan kenyamanan pada tetangga-tetangga baru yang membuatkan roti. Memahami dengan sungguh-sungguh apa yang diajarkan Islam dalam urusan tetangga, pada akhirnya, adalah memahami cara kita menemukan stabilitas, kesinambungan, bahkan sumber bahagia, di koordinat utama kehidupan kita.

Liqoat l Tatap Muka

Prof. DR. Terry Mart, Fisikawan Universitas Indonesia
Dedikasi untuk Fisika Teori

Dalam hal produktifitas publikasi Ilmiah, Prof. Dr. Terry Mart adalah sosok langka di negeri ini. Bagaimana tidak, pengajar pada Departemen Fisika Universitas Indonesia ini memiliki tak kurang dari 117 artikel yang telah diterbitkan dalam jurnal Ilmiah. Dalam setauh dia bisa publikasi dua artikel di Jurnal Internasional. Itu semua angka yangsangat jauh diatas kondisi umum para Akademisi Indonesia dalam menghasilkan karya Ilmiah. Tak heran jika bapak dua anak putri ini disebut sebagai salah satu dari 100 fisikawan paling berpengaruh di dunia.

Wijhat l Perspektif

Kesadaran Simbolik

Komunikasi antar manusia ditandai dengan berbagai simbol. Bahkan, bahasa, alat utama komunikasi verbal kita, sejatinya adalah konstruksi simbol-simbol. Manusia membangun kesepakatan penggunaan tanda-tanda beserta maknanya sebagai piranti komunikasi (arbiter). Karena itulah, makna simbol selalu unik dan kultural. NYaris tak ada simbol yang berlaku universal, kecuali simbol ini menjadi populer, sehingga penggunanya semakin bamyak didunia ini, seperti bahasa tertentu yang menjadi bahasa Internasional.

Kearifan Komunitas


Komunitas Organik Indonesia
Hidup Selaras, Hidup yang Berkualitas

Filosofi organik adalah hidup yang selaras. Selain sehat individual, sehat lingkungan, juga sehat spiritual.
Berupaya membuat hidup lebih bekualitas, salah satu jalannya, adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan, apa yang kita lakukan, dan apa yang kita rasakan. Berawal dari konsep itulah, Emil, Mike, beserta beberapa rekannya yang lain membentuk suatu komunitas bernama komunitas Organik Indonesia.

Galeri Ekonomi

Bisnis Sabuk dan Bonceng Motor
Kebutuhan Pribadi yang mengispirasi bisnis mandiri

Awalnya mereka butuh alat untuk keperluan pribadi. Setelah banyak orang lain yang tertarik produk serupa, muncullah ide untuk menjadikannya ladang bisnis yang menjanjikan.

Dzikroyat l Kenangan

Mariyani Zaenal, Pendamping Para Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga, di Lembaga Crisis Center, Cahaya Mentari, Surabaya.
Ini Tabungan Kami Untuk Akhirat

Empat tahun setelah menikah, saya sudah aktif sebagai kader perbaikan Gizi Keluarga (PGK), di daerah saya, di Surabaya. Tepatnya pada tahun 1983. Saya sendiri menikah tahun 1979. Sekarang masyarakat mengenalnya dengan istilah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)

Alamiyat l Dunia Islam

Akankah Suriah menjadi Bosnia Kedua ?

Kekejaman, kezaliman, kekejian, dengan alasan politik, etnik hingga aliran bercampur aduk disini. Apa yang dialami masyarakat Suriah sudah mendekati kengerian yang terjadi di Bosnia.

Mukjizat Shalat

Mukjizat Shalat terhadap Kesehatan Tubuh

Allah SWT mewajibkan kita melakukan shalat sebagai sarana kesehatan dan kesembuhan dari berbagai penyakit. Ternyata seluruh gerakan dan aspek dalam shalat, bisa memberikan kesehatan psikologis dan psikis pada pelakunya...

Jaulat l Catatan Perjalanan

Gempa itu Menyalakan Lagi Memori Tsunami

Ruhaniyat l Nasihat Ruhani


Karena Allah SWT Merahasiakannya

Sudah menjadi ketetapan Allah, dosa dan kesalahan yang kita lakukan sedikit sekali diketahui orang lain. Berbagai kekurangan dan aib pada diri kita, lebih banyak hanya kita yang tahu di banding orang lain. Kejahatan dan keburukan yang banyak kita lakukan itu, sedikit saja yang terbongkar dan diketahui orang lain. Itulah takdir Allah swt di samping kenyataan bahwa semua kita adalah manusia yang banyak memiliki kesalahan dan dosa. Tapi yang banyak itu, ditakdirkan, tersembunyi.

Untuk pemesanan silahkan Hub 081391004706 (Bu Tri) atau Klik Disini
Tautan
Klik Disini untuk Info Berlangganan

Jangan ketinggalan Promo Hemat Majalah Tarbawi

0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra