Tarbawi Edisi 280



Dirosat l Kajian Utama

Nyata dan Semu dari Mudahnya Temukan Kawan Lama dan Baru


"Siapa yang meremehkan pertemanan akan hilang kehormatannya. Diantara adab berkawan, jangan engkau putuskan seorang kawan setelah engkau berteman dengannya, dan jangan engkau menolaknya setelah engkau menerimanya." (Abdullah bin Mubarak)

Dahulu barangkali adalah era di mana teman harus dicari. Kini adalah era di mana teman dengan mudah bisa ditemukan. Era teman dicari dan ditemukan, hanya berbeda dari segi sulit dan mudahnya sarana. Tetapi semua kembali pada kemampuan kita membuatnya berfungsi. Dahulu teman kita cari, sebab terbatas sarana kita untuk berkenalan. Kini teman dengan mudah kita dapatkan, karena melimpahnya perangkat yang menghubungkan. Kita bisa dengan mudah mendapatkan kawan baru. Sebagaimana kita bisa dengan gampang menemukan kawan kita yang lama.

Diantara rahasia penciptaan adalah agar kita saling mengenal. Lalu dari sana kita membangun peradaban Islam yang berwibawa, memengaruhi, dan mengarahkan. Disanalah peluangnya, disana pula tantangannya.


Liqoat l Tatap Muka

Backtiar Nasir, Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI)

Obsesi Seorang Guru Ngaji

Dalam banyak kesempatan Backhtiar Nasir selalu memperkenalkan diri sebagai seorang Guru Ngaji. Memang aktivitasnya tak jauh-jauh dari aktivitas pengajian. Forum-forum pengajiannya yang digelar dibeberapa Masjid besar di Jakarta selalu dipenuhi jamaah. Keberadaan Ar Rahman Qur'anic Learning Islamic Center, lembaga yang dirintisnya, tentu lebih dari cukup untuk menegaskan status itu.

Tapi guru ngaji ini berbeda dengan kesan kita tentang ustadz yang hanya beraktivitas dari satu Masjid ke masjid lain. Alumnus Madinah Islamic University ini lebih tepatnya adalah seorang guru ngaji yang progresif. Dia selalu merespon isu-isu keumatan, termasuk yang mengharuskannya untuk turut aksi dijalanan. Melalui Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI), lembaga yang dibentuknya bersama beberapa intelektual Islam lain pada Februari 2012 lalu, Bachtiar ingin mengaktualisasikan kegelisahan-kegelisahannya. Seperti apakah pandangan-pandangannya tentang persoalan ummat? pada Tarbawi edisi 280 ini Tarbawi berkesempatan mewawancarai beliau.


Perpesktif l Wijhat

Puasa dan Pelajaran Komunikasi Antar Manusia


Sebagai sebuah aktivitas, puasa bisa kita temukan dalam berbagai komunitas. Sejak zaman kuno, dimasa socrates, Plato, Aristoteles, Galen, pAracelsus, dan Hiprocates, puasa diyakini sebagai salah satu bentuk terapi. Dalam ajaran banyak Agama, puasa adalah bentuk cara berkomunikasi dengan Tuhan. Terlebih dalam Islam, sebagaimana ibadah lain, puasa adalah media komunikasi dengan Sang Pencipta. Puasa bahkan mendapat tempat khusus dihadapan Allah swt.

Puasa tak hanya menjadi sarana penyucian jiwa, sehingga ikatan manusia dengan sang pencipta makin dekat, tetapi juga membawa banyak pelajaran bagi komunikasi antar manusia. Puasa menjelaskan bagaimana kualitas komunikasi antar manusia yang seharusnya.


Kearifan Komunitas

Sedekah Rombongan

Filosofi Semut untuk Cari Muka di Depan Allah

Niat baik bertaut dengan sarana yang baik, begitulah ketika Komunitas Sedekah Rombongan memanfaatkan media sosial untuk menggalang solidaritas sosial.


Dzikroyat

Etty Lasmini, Mengentaskan para Pecandu Narkoba

Ibaratnya, Saya ini Ibu para Preman dan Mantan Napi


Galeri Ekonomi


Bisnis Makanan Sehat Untuk Bayi, dari Bubur sampai Frozen Food

Karena kesibukan, banyak orang tua yang mungkin kerepotan menjaga nutrisi makanan untuk anak. Tak jarang, fastfood, junkfood atau makanan instan lain jadi alternatif. Padahal masa-masa emas ada pada tiga tahun pertama.


Jaulat l Catatan Perjalanan

Sepotong Ayat di Negeri Matahari Terbenam


Berpetualang seorang diri di negeri Maghribi (diartikan negeri matahari terbenam) meninggalkan kesan yang mendalam. Ada ribuan kenangan manis yang tercipta selama disana, berkat kehangatan hati para penduduk negeri senja.

Mukjizat

Luar Biasanya Puasa (1)


Ada banyak rahasia penyembuhan penyakit. Tapi yang paling penting dari semuanya adalah rahasia penyembuhan penyakit melalui shaum (puasa). Mari kita lihat, manfaat medis yang begitu banyak dalam ibadah shaum. Segala puji syukur kepada Allah swt atas semua karunia ini.

Ruhaniyat l Nasihat Ruhani

Rindu dan Duka di Awal Pertemuan



1 komentar:

Anonim | 3 April 2014 23.49 mengatakan...

kenapa harganya jadi lebih mahal 2x? dgn jumlah halaman yg sama...

Poskan Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra