Tarbawi Edisi 284


Dirosat l Kajian Utama

Sendiri itu Bisa Menjebak, Sebab Tak Ada yang Bebas Pengaruh

"Mukmin yang bergaul dengan manusia dan bersabar atas perilaku buruk mereka lebih besar pahalanya daripada mukmin yang tidak bergaul dengan manusia dan tidak sabar dengan perilaku buruk mereka". (HR. Tirmidzi)

Sendiri itu, adalah ketika kita merasa lebih banyak tahu dari orang lain. Dan itulah sebuah jebakan. Sebab sesungguhnya apa yang kita yakini, belum tentu sebuah pengetahuan yang sampai pada taraf ilmu.

Sendiri itu, pada saat orang lain mengatakan kita cerdas, padahal kita belum terlalu mengerti apa-apa. Disana tentu sudah pasti ada jebakan, yang bakal menyeret kita pada kepercayaan diri yang tak memberi rasa aman.

Seiring keberdayaan kita sebagai individu yang terus menguat, kita punya tantangan yang tidak mudah. Kita memerlukan keterampilan mengolah rasa, sehingga tahu kapan merasa bersalah, kapan mengakui orang lain lebih baik dari kita. Dan, merasa bahwa kita perlu akan kearifan orang lain. Sebab, sejatinya, kita tidak bisa benar-benar menjadi diri sendiri.

Menjadi sendiri, yang dijalani secara keliru, merasa, merasa bisa sendiri, dengan segala jebakannya, adalah kisah yang telah ada. Sejak dahulu. Kita hanya perlu memperbaharui kesadaran dan mengulang-ulang pelajaran tentang itu. Bahwa keluarga kita, dikumpulan harta kita, diperjalanan keilmuan kita, ditakaran kuasa apapun yang kita punya, selalu ada peluang untuk merasa bisa sendiri.


Liqoat l Tatap Muka

Anggito Abimanyu,M.Sc,Ph.D - Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag
Amanah Untuk Pelayanan Haji yang Lebih Baik

Wijhat l Perspektif

Rasa Suka Mestinya Tak Membabi Buta

Kearifan Komunitas

Koalisi Pejalan Kaki
Ikhtiar Kembalikan Trotoar Pada Fungsinya

Jaulat l Catatan Perjalanan

Pameran Alutsista TNI AD
Merenungi Indonesia dari Pameran Persenjataan TNI

".....pada hakekatnya, Alutsista TNI AD adalah milik rakyat Indonesia, karena dibekali dengan uang rakyat. Karena itu, semua ini harus dipergunakan untuk membela dan melindungi rakyat dan untuk menjaga kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia" (Wakil KSAD, Letnan Jenderal TNI Budiman)

Dzikroyat l Kenangan

Jejen Sopandi, Mubaligh Perdesaan
13 Tahun Menabung Untuk Berhaji

"Saya sering menangis membayangkan kapan bisa naik haji"

Mukjizat

Dunia Medis Akui Kebenaran Al Qur'an : Kulit Bisa Berbicara

Ruhaniyat l Nasehat Ruhani

Manusia-manusia Subuh

Untuk pemesanan atau berlangganan silahkan hub bu Tri 081391004706

 

0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra