Tarbawi 293


Dirosat l Kajian Utama


Jika Maksud Kita Tulus, Alam Akan Menyertai

" Sesungguhnya Allah mencintai si fulan, maka cintailah ia." Maka (penduduk langit) mencintainya, kemudian menjadi orang yang diterima di muka bumi". (HR. Bukhari dan Muslim)

Pendek saja salah satu nasehat yang disampaikan Imam Ahmad kepada anaknya, Abdullah. " Wahai anakku. Berniatlah kamu yang baik. Karena kamu akan selalu dalam keadaan baik. selama kamu punya niat baik.". Itu turut memberi andil dalam membentuk pribadi Abdullah, menjadi anak yang benar-benar membanggakan. Tidak saja di mata ayahnya, tapi juga di mata orang-orang dimasanya.

Dari sini kemudian kita mengerti, betapa sangat penting bagi kita untuk menebar kehendak yang baik, tulus, dan ikhlas. Sebab setelah itu, dengan begitu, kita bisa dengan sangat memohon kepada Allah untuk dihubungkan dengan kehendak lain yang juga baik. Memohon untuk di bawa ke pusaran yang lebih besar radiusnya. Di sini kita lantas melihat, mengapa ada orang yang apa yang dicapainya jauh melebihi harapannya. Sebab Allah membawa kehendak dan maksud orang itu ke lingkaran yang jauh lebih besar. Maka efek dan hasilnyapun lebih besar.

Galeri Tarbawi

Talkshow Tarbawi bersama Anis Matta
Antara Kearifan, Kesabaran, dan Keberartian

Untuk kesekian kali, Tarbawi menghadirkan talkshow bersama Anis Matta dalam ajang Islamic Book Fair (IBF). Untuk kesekian kali pula, panggung utama IBF dipenuhi pengunjung, ketika penulis rubrik 'tumuhat' Tarbawi itu tampil dengan berbagai pikiran-pikiran segarnya.

Liqoat l Tatap Muka

Dr.dr. Adang Bachtiar,MPH., Pakar Kesehatan Masyarakat UI
Pelayanan Kesehatan Gagal

Kearifan Komunitas

Komunitas Hong
Menemukan Kearifan dalam Permainan

Permainan tradisional tak hanya menyimpan kenangan, tetapi juga membawa pelajaran. Komunitas Hong mencoba menemukan dan membangkitkannya kembali, untuk mendidik anak-anak saat ini dan menghadirkan kenangan bagi mereka yang telah dewasa.

Jaulat l Catatan Perjalanan

Museum Gula, Sejarah tak Semanis Perjalanan Gula
Dulu Indonesia adalah negara pengekspor gula terbesar no dua. Kini, Indonesia merupakan negara pengimpor gula terbesar didunia.

Dzikroyat l Kenangan

Dewi Kusmianti, Penggagas 'Masyarakat Sadar Lingkungan'
"Lebih baik hidup dari sampah, dari pada jadi sampah"

Mukjizat l Mukjizat Kematian

Al Qur'an Bicara Tentang Sistem Degeneratif Sel
Sel-sel tubuh kita menjalani tugas dan fungsinya secara luar biasa dan telah ditetapkan masanya. Bagaimana Al Qur'an mengupas masalah fase hidup dan mati sel-sel ini ?

Himmat l Yang Muda

Berkontribusi  dengan Inovasi
Nando Novia Hari Saputra

Urine sebagai energi alternatif bahan bakar kendaraan? mungkin kita bisa bertanya lebih jauh kepada Nando Novia Hari Saputra. Kepekaan dan keprihatinannya pada kondisi sekitar, menggerakkan siswa kelas XII salah satu SMA di Malang ini untuk merubah urine sehingga tak lagi hanya menjadi zat buangan, tapi juga menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Galeri Ekonomi

Bisnis Jalanan ala Mobile Unit
Bisnis dengan konsep mobile unit kini semakin marak. Selain lebih efisien dan efektif, juga atraktif.

Ruhaniyat l Nasehat Ruhani

Satu Hari Hidup Seperti Rasulullah SAW



0 komentar:

Posting Komentar

Terlaris Pekan Ini

 

Copyright © 2010 Majalah Tarbawi All Rights Reserved

Design by Dzignine

Maintenance by Indra